3 Taktik Ini Sukses Bikin Netflix Jadi Brand Kelas Dunia

Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

“Netflix and chill!”. Istilah tersebut mungkin sudah tidak asing di telinga kita. Pasalnya, Netflix telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, baik itu sebagai hiburan atau sebagai ‘tempat pelarian’. Faktanya, 60 juta orang di dunia juga kecanduan Netflix. Wah, banyak sekali ya orang yang berlangganan Netflix? Ingin mengetahui rahasia sukses Netflix? Ternyata, 3 taktik ini sukses bikin Netflix jadi brand kelas dunia lho! Yuk simak sampai habis!

3 Taktik Sukses Netflix Jadi Brand Kelas Dunia

1. Menentukan Model Positioning

3 taktik sukses Netflix yang pertama yaitu menentukan model positioning. Menurut Gibson Biddle (Wakil Presiden Manajemen Produk Netflix), brand adalah kisah unik yang konsumen ingat ketika mereka memikirkan Anda. Model positioning dapat membantu untuk melekatkan brand Anda pada benak konsumen. Anda harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut terlebih dahulu.

3 Taktik sukses netflix
Tampilan homepage Netflix (Sumber: https://unsplash.com/photos/5wThjqG6HBU)
  • Bagaimana Anda menjelaskan tentang brand Anda?
  • Apa saja manfaat yang konsumen dapatkan?
  • Apa brand persona Anda?

Biddle memberikan tips untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

  1. Diskusikan dengan seluruh tim. Biddle sering membagi timnya ke dalam beberapa sub-tim. Tujuannya untuk mengumpulkan berbagai perspektif dari sebuah brand. Setiap sub-tim akan memiliki jawaban yang berbeda ketika menjawab ketiga pertanyaan di atas.
  2. Gunakan bahasa yang mudah dipahami. Anggaplah konsumen Anda seorang anak SD yang pengetahuannya terbatas dan tidak memahami apa yang brand Anda tawarkan. Konsumen Anda tidak memiliki waktu untuk mempelajari konsep brand Anda. Karenanya, gunakan bahasa yang mudah dipahami berbagai kalangan.
  3. Buat deskripsi sesingkat mungkin. Anda harus bisa menjelaskan brand Anda dalam 3 kata. Anda bisa memilih kata yang paling akurat dan dapat dengan spesifik menjelaskan brand Anda.
  4. Perkenalkan brand Anda seperti Anda mengenalkan seseorang. Identitas atau brand persona penting untuk mengikat emosi konsumen sehingga brand Anda lebih mudah diingat. Katakanlah brand Anda adalah manusia, bagaimana Anda mengenalkannya pada orang lain?
  5. Pilih satu kata yang akan muncul dalam pikiran konsumen ketika mengingat brand Anda. Brand mobil Mercedes identik dengan ‘mewah’, BMW terkenal dengan ‘kinerja’nya, dan Tesla identik dengan brand mobil yang ‘inovatif’. Namun, untuk menemukan keyword tersebut biasanya membutuhkan waktu bertahun-tahun.
  6. Selalu gunakan sudut pandang konsumen. Konsumen akan lebih tertarik pada kalimat “Turun 5 kg dalam 1 bulan” daripada “Teh herbal dari berbagai rempah berkhasiat”. Konsumen cenderung tidak peduli dengan komposisi produk Anda, mereka lebih peduli pada manfaat yang bisa mereka rasakan ketika memakai produk Anda.

2. Menyusun Piramida Branding

Taktik selanjutnya adalah piramida branding. Atribut, manfaat, dan identitas brand hanyalah pondasi dalam piramida. Anda harus melangkah lebih jauh agar brand Anda melekat di pikiran konsumen. Piramida branding harus dibangun dari bawah dengan pondasi yang kuat di setiap tahapannya.

3 taktik sukses netflix
Piramida Branding

Perbedaan brand yang baik dan brand yang hebat terletak pada manfaat emosional dan ‘something bigger‘ yang mereka sampaikan. Manfaat emosional dapat terasa ketika konsumen ‘ketergantungan’ dengan brand Anda. Orang akan lebih mengingat apa yang mereka rasakan dari Anda, daripada apa yang Anda katakan atau lakukan.

Sementara itu, ‘something bigger‘ berbicara tentang apa yang ingin Anda berikan pada konsumen dan dunia dalam 10 tahun ke depan. Berikut contoh piramida branding beberapa brand ternama.

3 taktik sukses netflix

Biddle menjelaskan bahwa Netflix berevolusi dari yang awalnya rental DVD, kini menjadi layanan streaming. Tetapi, Netflix tetap menghadirkan manfaat yang serupa yaitu convenience, selection, dan value. Piramida branding Netflix dapat dijelaskan dalam 4 kata yaitu “Movie Enjoyment Made Easy”.

Brand juga memiliki kekuatan untuk mengekspresikan value yang dimilikinya. Dalam kasus ini, Netflix memberikan manfaat emosional berupa kepuasan (satisfied) dan kebahagiaan (delighted) yang dimana ‘something bigger’nya membantu orang untuk ‘lari dari kenyataan’ (escape from reality). Maukah orang menghabiskan puluhan ribu rupiah untuk berlangganan Netflix agar bisa lari dari kenyataan? Jika iya, maka itulah value yang dimiliki Netflix.

3. Membuat Ringkasan Konsep

Ringkasan konsep merupakan ringkasan dari model positioning, piramida branding, dan goals. Ringkasan konsep yang baik harus bisa menjawab pertanyaan ‘Apakah orang memahami siapa saya, manfaat saya, brand persona saya, dan visi misi saya?’. Berikut contoh ringkasan konsep Netflix mengutip dari situs review.firstround.com.

Sometimes it’s hard to find a movie everyone can enjoy on a Friday night. For individuals and families with internet access, Netflix instantly streams an unlimited number of TV shows and movies, anytime, anywhere. Simply search, browse and watch on the easy-to-use website, mobile apps, apps on game platforms and hundreds of Internet-connected devices. With one-click anyone can watch ad-free, HD quality, TV shows and movies. It’s month-to-month and you can cancel anytime. We offer a one month free trial. Netflix, it’s movie enjoyment made easy.

(Terkadang sangat sulit untuk menemukan film yang setiap orang bisa menikmatinya di Jum’at malam. Bagi seseorang atau keluarga yang memiliki internet, Netflix dapat menayangkan acara TV dan film dengan jumlah yang tak terbatas kapanpun dan di manapun. Cukup telusuri, jelajahi, dan tonton di situs web, aplikasi ponsel, aplikasi pada platform game dan ratusan perangkat yang terhubung ke internet. Dengan sekali klik, siapapun dapat menonton acara TV dan film bebas iklan dengan kualitas HD. Anda dapat berlangganan per bulan dan dapat membatalkannya kapan saja. Kami menawarkan uji coba gratis selama satu bulan. Netflix, menikmati film dengan mudah).

Itulah 3 taktik yang sukses mengantarkan Netflix menjadi brand kelas dunia. Semoga bermanfaat!


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan