5 Cara Mengatasi Burnout di Masa Pandemi

Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Masa pandemi memang menjadi salah satu tantangan bagi pekerja, selain memikirkan hal-hal seputar pekerjaan mereka juga harus memiliki perhatian yang lebih bagi kesehatan daripada waktu-waktu sebelumnya. Metode kerja work from home atau WFH yang menjadi salah satu solusi agar mengurangi penyebaran virus tak jarang malah menjadi kendala bagi sebagian pekerja dan menyebabkan burnout

Menurut Psychology Today Burnout merupakan keadaan lelah emosional, mental dan fisik yang seringkali menyebabkan stress berkepanjangan atau berulang. Burnout juga dapat disebabkan oleh area kehidupan yang lain, seperti pengasuhan anak dan kehidupan percintaan. World Health Organization (WHO) juga menyatakan bahwa burnout adalah sindrom yang disebabkan karena stress kronis di tempat kerja yang belum bisa dikelola dengan baik. Menurut WHO terdapat 3 dimensi burnout yakni, perasaan kehabisan energi atau kelelahan; peningkatan jarak mental dari pekerjaan seseorang, atau perasaan negativisme atau sinisme terkait dengan pekerjaan seseorang; dan mengurangi efektivitas pekerjaan. 

Apa itu burnout?

Burnout tidak hanya karena kelelahan saat bekerja berjam-jam dan melakukan terlalu banyak tugas. Meskipun dua hal tersebut berpengaruh, tetapi burnout juga disebabkan oleh rasa kurang dihargai, diremehkan, sinisme, kurangnya dukungan dan depresi. Selain itu, kurangnya manajemen waktu yang baik juga dapat menyebabkan burnout karena merasa pekerjaan tidak cepat selesai dan datang tugas yang lain sehingga merasakan stress. 

Tetapi burnout tidak hanya karena pekerjaan yang penuh tekanan atau terlalu banyak tanggung jawab. Faktor-faktor lain juga berkontribusi menyebabkan burnout, termasuk gaya hidup dan ciri-ciri kepribadian Anda. Faktanya, apa yang Anda lakukan di waktu senggang dapat memainkan peran yang sama besarnya dalam menyebabkan stres yang luar biasa seperti tuntutan pekerjaan atau rumah.

5 Tips Mengatasi burnout

Lalu, ketika kita merasakan kelelahan berlebih, apa yang perlu Anda lakukan? Nah, help guide telah memberikan 5 cara untuk mengatasi burnout!

1. Berinteraksi dengan orang lain

Kontak sosial adalah penangkal alami untuk stres dan berbicara tatap muka dengan pendengar yang baik adalah salah satu cara tercepat untuk menenangkan sistem saraf Anda dan menghilangkan stres. Orang yang Anda ajak bicara tidak harus bisa “memperbaiki” penyebab stres Anda; mereka hanya harus menjadi pendengar yang baik, seseorang yang akan mendengarkan dengan penuh perhatian tanpa menjadi terganggu atau mengungkapkan penilaian.

2. Mengatur ulang cara Anda memandang pekerjaan

Jika Anda memiliki pekerjaan yang membuat Anda terburu-buru atau pekerjaan yang monoton dan tidak memuaskan, cara paling efektif untuk mengatasi kelelahan kerja adalah berhenti dan mencari pekerjaan yang Anda sukai. Selain berhenti, Anda bisa mulai menemukan kembali value dalam pekerjaan Anda, dan menemukan keseimbangan antara kehidupan personal dan pekerjaan.

3. Evaluasi kembali prioritas Anda

Terkadang kita lupa akan apa yang menjadi hal terpenting, maka dari itu perlu untuk meninjau kembali prioritas tersebut. Tetapkan batas dan jangan terlalu memaksakan diri. Sisihkan waktu untuk relaksasi seperti yoga dan meditasi. Merasa lelah dapat memperburuk kejenuhan dengan membuat Anda berpikir tidak rasional, untuk membantunya Anda dapat melakukan tidur yang cukup.

4. Berolahraga

Meskipun itu mungkin hal terakhir yang ingin Anda lakukan ketika Anda kelelahan, olahraga adalah penangkal ampuh untuk stres dan kelelahan. Anda dapat berolahraga selama 30 menit atau lebih per hari. Selain itu, jalan kaki selama 10 menit dapat meningkatkan mood Anda selama dua jam.

5. Buat mood dan energi positif dengan makanan

Apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda dapat berdampak besar pada suasana hati dan tingkat energi Anda sepanjang hari. Anda dapat mengurangi asupan makanan yang mengandung karbohidrat, karena kandungan karbohidrat tinggi mudah menyebabkan gangguan mood. Sebaliknya, meningkatkan asupan makanan dengan kandungan asam  lemak omega-3 dapat meningkatkan mood Anda.

Mengalami burnout memang suatu hal wajar karena disebabkan oleh beberapa hal yang perlu diperbaiki. Jika teman-teman mengalami burnout bisa mencoba beberapa tips di atas ya!


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan