7 Tips Copywriting untuk Optimalkan Bisnis Anda!

Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Copywriting merupakan salah satu komponen penting dalam dunia marketing. Pasalnya, kita dapat menarik perhatian calon pelanggan melalui tulisan yang terdapat pada deskripsi maupun konten marketing produk yang Anda jual. Salah satu skill yang harus dimiliki seorang social media specialist dan digital marketer adalah skill copywriting. 

Apa itu Copywriting?

Copywriting adalah sebuah proses menulis konten yang akan membuat calon pelanggan tertarik pada produk dan jasa yang bisnis Anda tawarkan. Selain itu, copywriting juga dapat disebut skill untuk mempengaruhi dan menarik atensi orang lain. Sebuah copy yang efektif mampu menjadi jembatan antara pembeli dan penjual serta mampu meningkatkan conversion, leads, dan traffic

Jenis-jenis Copywriting

1. Brand Copywriting

Banyak orang yang menganggap anda menggarap iklan ataupun jingle sebuah brand. Namun, brand copywriting berbeda, fokus dari menulis brand ini lebih pada bagaimana menciptakan respons yang kuat pada calon pelanggan. Brand atau creative copywriting bukan tentang membuktikan bahwa produk mereka lebih baik dari kompetitor, namun mereka mendorong pelanggan memiliki pengalaman yang tak terlupakan. 

2. Social Media Copywriting

Tujuan dari jenis copywriting ini adalah untuk meningkatkan respon dan interaksi audiens dengan berbagai konten Anda. Tantangan pada jenis ini adalah bagaimana Anda dapat menyesuaikan copy Anda dalam format media sosial yang unik. Misalnya, copy yang Anda tulis untuk kiriman di Facebook tidak boleh sama dengan salinan di kiriman TikTok atau Instagram.

3. SEO Copywriting

Jenis copywriting ini memiliki tujuan agar tulisan menempati peringkat tertinggi pada SERP (Search Engine Result Page). MelaluiSEO, Anda harus memasukan kata kunci dalam jumlah yang cukup. Selain itu, Anda harus mampu memberikan value dalam tulisan anda. 

4. Insight Copywriting

Pada intinya, insight atau tulisan yang memuat wawasan adalah tentang membangun merek Anda sebagai otoritas industri. Sebagai copywriter, Anda perlu mencapai ini dengan menghasilkan konten edukasi yang berkualitas.

5. Email Copywriting

Sesuai dengan namanya, penggunaan tulisan jenis ini untuk keperluan email marketing. Menulis email yang menarik adalah tantangan yang unik, Anda harus menulis judul email yang menarik, dan CTA (Call To Action) yang jelas untuk mengkonversi audiens Anda. 

7 Tips Copywriting untuk bisnis Anda!

Bagaimana sih caranya membuat copywriting yang baik untuk bisnis Anda? HubSpot telah membagikan 8 tips agar copywriting Anda dapat meningkatkan konversi!!

Buat tulisan yang bernada positif

Saat membuat konten, buatlah tulisan sesuatu yang memuat hal-hal positif dan menghadirkan lingkungan positif bagi pembaca. Konten yang positif merupakan konten yang memiliki kemudahan akses tanpa perlu melakukan download atau mengakses link lain. Selain itu konten positif mudah dibaca, dan berisi kata-kata positif seperti, bagus, ya, menarik, sempurna, dll. 

Buat tulisan yang personal

Seorang Copywriter yang baik tahu bahwa membuat konten personal itu penting, dan menggunakan “Anda” adalah cara yang bagus untuk melakukannya. Melalui konten personal seperti Anda berbicara langsung kepada pelanggan sehingga membuat pelanggan merasa relate dengan konten tersebut. 

Buat tulisan yang terarah dan jelas

Saat anda membuat konten yang jelas, maka pembaca juga tidak akan bingung. Selain itu, tulisan yang Anda buat harus sederhana dan tanpa kalimat bertele-tele. 

Pertegas Call To Action 

Tempat terbaik untuk melatih ketegasan penulisan adalah dalam ajakan bertindak (CTA). Hal ini menjadi salah satu poin penting pada tips copywriting. CTA adalah tempat Anda memberitahu pengguna apa yang harus mereka lakukan. Jika Anda ingin membuat penjualan, maka tulislah untuk penjualan. Ketika membuat tulisan, tulisan yang sedikit atau sederhana seperti โ€œbeli sekarangโ€ adalah hal yang mampu mengarahkan pelanggan pada aksi selanjutnya. 

Buat tulisan yang menarik

Tulisan yang menarik akan membantu membawa pelanggan dari penonton pasif menjadi penggemar. 

Bahagiakan pelanggan

Salah satu cara membentuk hubungan baik dengan pelanggan adalah dengan menulis seolah Anda berada di pihak mereka tentang topik yang ingin mereka dengar. Selain itu, buat tulisan dengan informasi yang sudah mereka ketahui. Membangun beberapa kesamaan mengenai pengetahuan mereka adalah cara yang bagus untuk membangun persahabatan yang halus dengan pelanggan.

Gunakan data sebagai pendukung

Data memang penting, tapi bukan itu yang terpenting. Sebaiknya, jangan gunakan data sebagai persuasi awal karena data mematikan kata atau kalimat yang menarik di awal.  Berbagai macam jenis data seperti, bagan, grafik, statistik, dan informasi ditampilkan untuk mencoba meyakinkan orang betapa hebatnya produk atau jasa Anda. Tapi itu bukan cara untuk memenangkan pelanggan. Fokusnya tetap pada isi tulisan anda, bukan data yang dicantumkan.

Nah, itu dia jenis-jenis dan tips copywriting untuk meningkatkan interaksi dan bahkan konversi bagi bisnis Anda. Yuk, terapkan dan tuai hasilnya!


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan