9 Alasan Mengapa Bisnismu Butuh Sosok Content Writer

Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Setelah membaca artikel sebelumnya mengenai profesi content writer, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa sih content writer dibutuhkan oleh suatu bisnis? Memangnya apa yang mereka lakukan dan untuk apa mereka menulis konten? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak tulisan ini sampai habis!

Seperti namanya, seorang content writer tentu bekerja untuk menulis konten atau disebut juga content writing. Setiap bisnis harus menyadari bahwa content writing merupakan sebuah investasi yang jika diasah dengan baik dapat menghasilkan konversi dan customer loyalty.

Di samping itu, content writing merupakan sebuah pondasi yang bertujuan untuk membangun citra yang kuat secara online dimana hal tersebut sangat krusial di dunia digital saat ini. Berikut 10 alasan mengapa bisnismu membutuhkan sosok content writer.

1. Pentingnya Kualitas Konten

Apa yang ditulis oleh seorang content writer harus bermanfaat bagi audiens. Orang-orang akan menemukan value dalam konten yang ditulis dan disusun dengan baik. Terlebih, mesin pencari seperti Google akan memberikan reward kepada website yang authoritative dan dapat dipercaya. Reward tersebut berupa peringkat yang tinggi pada Search Engine Result Page (SERP) atau laman utama hasil pencarian.

Mendapatkan ranking tinggi pada SERP tentu sangat penting bagi sebuah website karena orang-orang akan dengan mudah menemukannya pada halaman awal di mesin pencari. Itulah mengapa sebuah bisnis harus berinvestasi dengan menghadirkan content writer profesional agar dapat membawa website ke level yang lebih tinggi dengan tulisan yang high-quality.

2. Seorang Content Writer Memahami Strategi Terbaik

content writing

Merekrut seorang content writer profesional akan mengangkat beban Anda sebagai business owners yang memiliki waktu serta tenaga yang terbatas. Seorang content writer yang berpengalaman dapat memahami banyak variabel dalam penulisan online. Seperti halnya orang yang belum familiar dengan strategi SEO umumnya tidak menyadari bahwa tulisan yang diterbitkan dapat mempengaruhi visibilitas sebuah website pada platform online.

Jika Anda kurang memaksimalkan konten dengan kata kunci yang tepat dan informasi berberkualitas sesuai dengan standar mesin pencari, situs Anda sangat mungkin akan tertimbun jutaan website lainnya yang juga bersaing untuk mendapatkan klik. Karenanya, content writer sangat berperan penting sebab mereka memahami strategi untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada website, yang sering kali mengarah pada pembelian.

3. Kreativitas Menyita Waktu Anda

Mengembangkan konten adalah sebuah proses. Hal tersebut membutuhkan banyak waktu untuk brainstorming, planning, dan mengeksekusi ide kreatif yang didesain untuk menarik audiens. Riset merupakan bagian penting sebab tujuan Anda adalah untuk membuat konten yang ingin dibaca audiens. Merekrut seorang content writer dapat mengurangi stres Anda dan memberikan waktu lebih bagi Anda untuk mengeksplor pekerjaan lain.

Seorang content writer biasanya membuat kalendar editorial dan mengembangkan konten yang cocok dengan audiens Anda. Lalu mereka akan membuat konten yang sesuai dengan target demografis. Content writer juga memiliki pemahaman terhadap berbagai platform, termasuk platform mana yang bekerja dengan baik dan platform mana yang tidak sesuai.

Selain itu, konten untuk email, postingan blog, atau website membutuhkan strategi yang berbeda dengan konten yang dibuat untuk sosial media. Panjang dan tone tulisan dapat berbeda secara drastis di berbagai platform.

4. Tetap Berkompetisi

Sekalipun Anda tidak memiliki kompetitor, Anda harus mengambil langkah untuk memastikan orang lain mengenal brand Anda dengan baik. Cara terbaik untuk meraih audiens adalah dengan mengimplementasikan content writing ke dalam strategi marketing Anda. Orang-orang yang mungkin tertarik dengan produk dan jasa Anda harus mengetahui cara menemukan brand Anda, dan saat itulah content writer berperan.

Dengan mempekerjakan seorang profesional, Anda dapat melihat pertumbuhan website Anda. Anda juga bisa melihat traffic yang berlum pernah Anda raih sebelumnya serta mendapatkan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi karena website Anda menjadi lebih terpercaya. Katakanlah Anda menjual produk yang unik tetapi memiliki sejumlah kompetitor. Jika Anda memiliki review, konten, dan pengalaman konsumen yang baik, website Anda akan lebih mudah mendapatkan peringkat teratas dan lebih menarik bagi audiens.

5. Algoritma Mesin Pencari Sering Berubah

Mesin pencari seperti Google secara konstan memperbarui algortima mereka untuk memastikan pengguna menerima konten yang berkualitas tinggi. Content writer yang SEO-savvy mengerti bagaimana perubahan algortima ini dapat mempengaruhi konten bisnis dan kemudian menyesuaikan strategi mereka. Mereka umumnya menggunakan berbagai teknik untuk menciptakan konten yang sesuai dengan algoritma. Ketika algoritma berubah-ubah, content writer dengan sigap menyesuaikan dan membuat modifikasi pada tulisan yang ada.

content writing

6. Pembaca Menyukai Konten Berkualitas

Banyaknya informasi yang tersedia secara online mengharuskan setiap orang untuk lebih picky terhadap konten yang mereka baca. Waktu adalah hal yang berharga, karenanya konten Anda harus cukup menarik agar orang berhenti scrolling dan mulai membaca. Ketika Anda mempekerjakan content writer profesional, mereka akan membawa orang-orang hebat yang memiliki wawasan seputar tren digital dan strategi terbaik ke dalam timnya.

Content writer profesional juga memahami bagaimana caranya menulis konten yang menarik dan berisi informasi yang padat sehingga dapat dengan mudah di-scan oleh pembaca yang mungkin waktunya terbatas, namun mengandung informasi yang detail bagi mereka yang ingin membaca lebih lanjut.

7. Konten yang Baik Menghasilkan Revenue

Business owners dengan konten menarik dapat melihat Return on Investment (ROI) yang lebih tinggi karena mereka memiliki lebih banyak pengunjung pada website yang pada akhirnya menghasilkan revenue sebab memiliki prospek yang baik. Untuk melihat hasil dari content writing memang membutuhkan waktu. Namun, perusahaan yang mempekerjakan content writer yang berwawasan up-to-date lebih berpeluang untuk sukses meskipun persaingan semakin ketat.

Semakin banyak perhatian yang website Anda dapatkan, semakin banyak pula return-nya. Meski begitu, hal yang paling penting adalah bagaimana untuk tetap menciptakan momentum dengan tulisan yang unik, apapun hasilnya. Tulisan yang unik dan menarik akan semakin berpeluang untuk menghasilkan revenue.

8. Mendorong Produktivitas

JIka tim marketing Anda membutuhkan inspirasi, maka merekrut content writer adalah jawabannya. Content writer dapat menciptakan ide-ide kreatif mengalir dengan sendirinya. Konten yang bagus dapat menyokong semua aspek marketing, memudahkan graphic designers, videographers, dan lainnya untuk berkolaborasi dengan visi yang sama.

Hal tersebut dapat menumbuhkan lingkungan kerja yang harmonis sebab semangat dan antusiasme dapat menular. Jika lingkungan kerja cukup baik maka akan menghasilkan ide-ide baru untuk menghasilkan konten yang berkualitas. Jika departemen marketing Anda sedang struggling, maka cobalah untuk menghadirkan seorang content writer ataupun content marketing profesional.

9. Setiap Orang Memiliki Keterbatasan

Setiap orang memiliki keterbatasan, sekalipun Anda seorang CEO di perusahaan besar. Hal tersebut sangat wajar dan tidak apa-apa untuk mengakui bahwa Anda tidak memiliki energi yang cukup untuk menyusun strategi marketing dan membuat seluruh konten yang unik sendirian. Anda tidak perlu malu untuk meminta bala bantuan ketika Anda siap untuk melakukan perubahan.

Anda juga tidak usah khawatir karena content writer sangat menikmati pekerjaan mereka dan cenderung menyukai tantangan dalam menulis. Selain itu, Anda bisa fokus untuk mencari ide pengembangan bisnis lainnya sebab content writer profesional akan memahami tugasnya sebagai bagian dari marketer. Anda juga memiliki kendali atas konten. Jika Anda tidak menyukai hasil yang ditulis content writer, sebagai klien Anda dapat mengajukan revisi hingga menghasilkan konten yang sesuai.

Namun jika Anda ingin lebih menghemat biaya dan tenaga, Anda bisa menggunakan jasa content writing. Dengan biaya yang lebih sedikit, Anda sudah dapat memiliki konten terbaik yang sesuai dengan bisnis Anda. Anda tidak perlu memikirkan tema atau bahkan repot-repot memikirkan topik apa yang harus Anda tulis setiap harinya. Bahkan, dengan harga Rp 64.900 saja Anda sudah bisa mendapatkan konten untuk seminggu! Anda hanya perlu memantau sambil duduk manis. Wah, mudah sekali bukan? Tertarik untuk mencoba? Klik laman ini ya!


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan