Digital Marketing Trifecta, 3 Strategi Dasar untuk Bisnis Anda!

Digital Media Trifecta
Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Saat ini, pemasaran digital menjadi salah satu strategi pemasaran prioritas bagi suatu bisnis. Hal tersebut terjadi karena sebanyak 4.66 Miliar orang di dunia aktif menggunakan internet. Selain karena mampu menjangkau banyak konsumen potensial, melalui digital marketing setiap aktivitas konsumen dapat dipantau dengan jelas sehingga mampu menjadi acuan strategi bisnis selanjutnya. 

Aktivitas digital marketing memiliki 2 manfaat utama, pertama yakni mampu menjangkau orang yang tepat pada tempat dan waktu yang tepat. Dewasa ini, orang lebih banyak  menghabiskan waktu di internet, dan terus-menerus menggunakan telepon. Kebanyakan orang akan melewatkan iklan cetak atau brosur yang Anda coba berikan di depan mereka karena mereka terlalu sibuk melihat layar telepon. Kedua, penggunaan digital marketing menguntungkan bagi bisnis karena hasil pemasaran yang terukur. 

Apa itu Digital Media Trifecta?

Kegiatan pemasaran tentunya membutuhkan media atau alat untuk menyalurkan informasi mengenai brand atau produk suatu bisnis. Nah, dalam dunia digital marketing terkenal dengan istilah Digital Marketing Trifecta, apa sih maksudnya? Yuk, kita bahas!

Klasifikasi digital marketing trifecta menjadi 3 bagian ini, membantu Anda memaksimalkan pemasaran melalui  media yang dimiliki, didapat dan dibayar. Selain itu akan dibahas mengenai kelebihan dan kekurangan ketiga media tersebut!

Media yang dimiliki (Owned)

Media ini disebut saluran/aset pemasaran digital sebagai ‘milik’ karena setelah membangun bisnis, saluran ini akan menjadi milik Anda. Beberapa media yang dimiliki oleh sebuah bisnis adalah :

  • Website, Anda dapat mengoptimalkan  website dengan mengisi konten-konten yang SEO friendly
  • Blog
  • Sosial Media, media ini sangat potensial untuk menjadi saluran digital marketing, karena terdapat 4.15 miliar orang pengguna aktif sosial media. 
  • Webinar
  • E-book, kumpulan konten yang telah Anda buat dapat menjadi suatu konten tertulis yang lengkap.
  • Email marketing content, anda dapat membuat suatu konten email marketing yang singkat dan menarik. 

Semakin banyak media yang Anda miliki, maka semakin besar kemampuan Anda untuk memperluas kehadiran merek Anda di ranah digital dan meningkatkan kredibilitas media yang Anda peroleh. Jika Anda melihat konten Anda muncul di halaman pertama mesin pencari,  berarti situs media milik Anda berada dalam posisi yang lebih kuat untuk menarik keterlibatan dan traffic yang lebih tinggi.

Kelebihan
  1. Anda memiliki kontrol penuh atas media yang Anda buat, mulai dari tampilan hingga sasaran media tersebut
  2. Umumnya, biaya pembuatan media rendah
  3. Dapat mengarahkan traffic dan conversions
Kekurangan
  1. Memakan waktu lama untuk produksi aset dan membuat konten
  2. Anda tidak dapat melihat hasil yang bagus tanpa adanya strategi digital marketing yang kuat.

Media yang didapat (Earned)

Media yang diperoleh artinya media yang diperoleh bisnis Anda sebagai hasil dari interaksi dengan pelanggan, pemain lain di industri Anda, atau sumber berita. Dalam istilah yang paling sederhana, ini adalah pemasaran dari mulut ke mulut. Media ini meliputi :

  • Liputan media mengenai produk atau brand Anda.
  • Ulasan dan penilaian pelanggan

Jenis rekomendasi atau ulasan ini mampu menjadi dukungan terbaik bagi merek Anda. Menurut Global Trust in Advertising Report oleh Nielsen, 92% konsumen di seluruh dunia lebih mempercayai rekomendasi dari keluarga dan teman dari semua bentuk iklan lainnya.

Kelebihan
  1. Audiens lebih percaya brand anda karena adanya ulasan dan penilaian positif
  2. Media gratis
  3. Meningkatkan kesadaran brand dengan menjangkau pelanggan lain.
  4. Mampu mengarahkan traffic ke conversions
Kekurangan
  1. Anda tidak bisa mengendalikan ulasan pelanggan, namun Anda bisa meningkatkan kualitas pelayanan.
  2. Membutuhkan waktu lama untuk mengumpulkan ulasan pelanggan.

Media Berbayar

Jenis media ini paling efektif saat Anda melakukan pemasaran dalam konteks promosi yang bertarget. Beberapa jenis media berbayar, antara lain :

  • Display Ads
  • Paid Search
  • Social media ads

Salah satu jenis media berbayar yang paling umum digunakan dalam pemasaran digital adalah bayar per klik (PPC), yang difasilitasi oleh Google Adwords. Adwords memungkinkan bisnis Anda membayar untuk muncul di bagian teratas hasil pencarian Google. 

Kelebihan
  1. Visibilitas terjamin, sehingga menjangkau lebih banyak audiens
  2. Dapat muncul di dalam layar telepon seseorang dengan otomatis
  3. Dapat mengoptimalkan event diskon, promo, dll.
Kekurangan
  1. Membutuhkan biaya yang terkadang mahal
  2. Hanya berfungsi jika anda melakukan pembayaran iklan
  3. Tidak akan selalu mencapai orang yang tepat. Meskipun orang akan melihatnya, tidak serta merta membuat mereka ingin mengunjungi situs web Anda


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan