Apa Itu Marketing, Mengapa Karirnya Menyenangkan?

apa itu marketing
Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Definisi marketing

Menurut American Marketing Association, marketing adalah aktivitas untuk mengomunikasikan dan menciptakan penawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat.

Simpelnya sih, ini tentang memahami target pasar untuk memberikan penawaran terbaik yang dapat target pasar terima bahkan sukai.

Hal penting di marketing

Ada beberapa hal yang perlu kamu miliki jika kamu bekerja di bidang marketing, diantaranya sebagai berikut.

  • Mampu mengelola waktu dan orang-orang
  • Berkomunikasi secara verbal maupun melalui tulisan
  • Kreatif dan mampu memahami target pasar
  • Mampu menganalisa kompetisi pasar
  • Paham tools yang dapat membuat kerja lebih efektif dan efisien.
  • Terbuka untuk berkolaborasi dan berinovasi
  • Paham SEO (Search Engine Optimation), minimal beberapa tools-nya

Lingkup karir marketing

Ada beragam profesi marketing yang dapat kamu dalami di era modern ini. Secara garis besar, beberapa diantaranya adalah pemasaran digital, konten, produk, brand, event, dan analisis.

Karir ini tentunya terbuka untuk freelancer, loh. Kalau kamu cari yang entry-level, kamu bisa coba dengan graphic designer, content writer, dan copywriter. Kalau kamu tertarik dengan sosial media, menjadi social media specialist bisa jadi salah opsi yang menarik.

marketing adalah
Setelah mengetahui beberapa hal mendasar seputar marketing, ini saatnya kita bahas bersama kenapa berkarir di sini menyenangkan!

Hal menyenangkan yang bisa kamu dapatkan

Menurut Cool Marketing Stuff, ada beberapa sisi menyenangkan yang bikin kamu bakal betah di bidang ini. Simak penjelasannya di bawah ya!

Tidak membosankan

Perubahan tren, selera, dan gaya hidup lumrah banget buat terjadi. Ini membuat kamu bisa tanpa hentinya belajar hal baru. Mulai dari belajar hal yang orang-orang sukai sampai menyesuaikan diri dengan perkembangan dunia. Selain itu, membuat strategi, menciptakan konten segar, dan menaikkan hal yang tim kamu targetkan itu seru loh.

Tempat unjuk kreativitas

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, kita harus terus belajar hal baru. Makanya, kita terdorong untuk berinovasi agar bisa bertahan dalam segala perubahan jaman. Ini sih pas banget kalau kamu orang yang kreatif dan tidak suka hal monoton.

Selalu Ada

Karir di bidang ini akan selalu bertumbuh terutama di masa pandemi saat orang-orang sering beraktivitas secara digital. Jadi, kalau kamu freelancer, kamu tidak perlu pusing jika bekerja dalam bidang ini.

Kamu yang mau jadi freelancer, tertarik tidak untuk mencoba ini? Cerita di bawah dong apa saja yang membuat kamu tertarik dengan karir ini!


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan