Apa itu Writerpreneur dan bagaimana cara kerjanya?

writerpreneur
Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

pict : pexel.com

Seiring dengan Perkembangan teknologi Maka semakin beragam pula cara untuk melakukan strategi bisnis. Berbagai bidang keahlian mampu dijadikan bisnis baik secara online maupun offline,  begitu pula dengan bidang kepenulisan. Kebutuhan akan tulisan di berbagai platform digital membuat bidang kepenulisan memiliki prospek yang bagus. Muncul sebuah istilah yang dinamakan writerpreneur.

Menjadi writerpreneur, penulis tidak sekedar menyetorkan naskah ke penerbit. Namun, mereka terlibat langsung mulai dari ide cerita, penulisan, target menulis, lama penulisan, layout, cetak, penentuan harga bahkan sampai promosi.

Writerpreneur terdiri dari kata writer yang berarti penulis dan entrepreneur yang berarti pebisnis. Seorang writerpreneur adalah penulis yang menciptakan produk tertulis, berpartisipasi pada brand awareness, dan secara aktif melakukan promosi agar produk tersebut dapat dijual. Bidang/ruang lingkup dari Writerpreneur adalah semua hal yang terkait dengan bidang menulis dan penulisan, seperti menulis buku, novel, skenario, artikel (offline dan online), tutorial, blog, dan lain sebagainya. Writerpreneur bukanlah jenis pekerjaan sampingan atau paruh waktu, tetapi merupakan jenis pekerjaan yang membutuhkan komitmen dan jam terbang yang tinggi agar dapat menghasilkan dan berhasil. Seorang writerpreneur harus memiliki pola pikir kewirausahaan dan melihat peluang dalam menggunakan bakat kreatifnya untuk mendapatkan keuntungan.

Cara Kerja Writerpreneur

Cara kerja atau siklus produksi/kegiatan usaha seorang writerpreneur yang paling gampang saat ini adalah dalam dunia perbukuan. Seorang penulis baru, bisa saja memproduksi tulisannya sendiri. Artinya ia menjadi penulis buku tersebut. Setelah proses produksi tulisan selesai, tahap selanjutnya adalah mencetak. Penulis bisa mencetak naskah buku yang sudah ditulis tersebut meskipun hanya satu buah saja. Setelah itu memasarkannya sendiri. Selain itu, seorang penulis juga bisa menjadi pembicara, menjadi trainer dengan membagikan e-book dan memberikan pelatihan menulis, serta menjadi konsultan di perusahaan penerbit. 

Beberapa rekomendasi pekerjaan untuk writerpreneur adalah :

  • Copywriter
  • Content writer
  • Blogging
  • Membuat buku 

Tips Writerpreneur sukses!

Nah, berikut adalah beberapa tips bagi Anda yang sudah memulai atau ingin menjadi writerpreneur, yuk simak!

  1. Terus belajar dan berani melangkah

Ketika menjadi seorang penulis, tentu Anda perlu terus dan banyak belajar, bukan hanya menulis tetapi juga perlu belajar mencari referensi yang tepat bagi tulisan Anda. Terus melangkah, mencoba berbagai hal baru dan berani keluar dari zona nyaman merupakan poin yang sangat bagus bagi seorang writerpreneur. Tentu dalam perjalanan menjadi seorang writerpreneur sukses terdapat berbagai halangan dan kegagalan, namun Anda harus tetap gigih dan berani melangkah.

  1. Up to date dan suka mempelajari hal baru

Seorang penulis haruslah up to date mengenai hal-hal baru dan cepat menyesuaikan diri dengan trend yang ada. Hal-hal baru tersebut tentunya perlu dipahami dan pelajari agar informasi atau pesan yang tertulis tepat dan kredibel.

  1. Lakukan riset dan miliki bank naskah

Sebelum menulis, tentunya Anda perlu melakukan riset mengenai tema tulisan agar informasi yang Anda tulis benar dan tepat. Dalam melakukan riset, Anda perlu menemukan referensi yang terpercaya agar pembaca merasa nyaman membaca tulisan Anda. 

  1. Berkolaborasi dengan orang lain untuk memperluas jangkauan audiens

Kolaborasi adalah cara hebat bagi seniman kreatif untuk menggabungkan bakat, ide, dan pendekatan masing-masing (seringkali saling melengkapi) untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi. Beberapa contoh populer adalah aktor selebriti yang bermitra dengan penulis; seorang desainer grafis yang bekerja dengan penulis lepas; atau berbagai penulis yang berkontribusi pada antologi dengan tema yang sama. 

Nah, setelah mengetahui seputar writerpreneur, apakah Anda tertarik untuk menekuni bidang yang menjanjikan ini?


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan