Dapat Cuan dari Tulisan? Kunjungi 5 Website Penulis Ini

Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Menulis sebuah artikel memang menyenangkan, apalagi jika Anda memang seorang penulis. Namun, bukankah lebih menyenangkan jika Anda mendapatkan cuan dari tulisan? Kabar baiknya, sekarang sudah banyak website yang mewadahi para penulis untuk berkarya sekaligus mendapatkan penghasilan. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak rekomendasi 5 website penulis yang bisa jadi cuan!

1. Brisik.id

5 website penulis

Jika Anda senang menulis tentang destinasi tempat wisata, kuliner, atau budaya, maka website ini sangat cocok untuk Anda. Pasalnya, Brisik.id memberikan ratusan ribu hingga jutaan rupiah setiap bulannya untuk artikel yang Anda tulis. Selain itu, Anda juga bisa mempromosikan keistimewaan daerah tempat tinggal Anda di dalam tulisan. Agar tulisan Anda diterbitkan, jangan lupa untuk memenuhi syarat dan ketentuan penulisannya ya!

2. Mongabay.co.id

5 website penulis

Mongabay.co.id merupakan situs berita yang tidak hanya berorientasi tentang hutan, melainkan menyediakan informasi, berita, dan analisis yang berhubungan dengan alam dan lingkungan. Anda bisa berkontribusi dengan menulis artikel ataupun mengirim foto yang berkaitan dengan topik-topik tadi. Bayarannya? Tenang saja! Anda akan mendapatkan Rp 750 per kata. Jika satu artikel yang Anda buat terdiri dari 600 kata, maka Anda sudah mengantongi Rp 450.000. Menarik sekali bukan?

3. Mojok.co

5 website penulis

Website yang satu ini berisi kumpulan artikel-artikel ringan yang bisa Anda tulis selama menunggu kereta tiba atau sambil rebahan. Mojok.co memuat konten-konten satir yang tidak terlalu serius dan cukup menghibur. Anda hanya perlu menulis 600-1.000 kata untuk mendapatkan honor sebesar Rp 325.000. Terdapat 5 rubrik yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat dan gaya tulisan Anda. Namun, pastikan Anda sudah memenuhi ketentuan penulisan sebelum mengirimkan tulisan ya!

4. Basabasi.co

5 website penulis

Jika Anda senang menulis opini, puisi, cerpen, dan resensi buku, cobalah untuk mengirimnya ke website Basabasi.co. Fee yang akan Anda dapatkan pun berbeda-beda sesuai dengan jenis tulisan yang Anda kirim. Untuk artikel ringan dan resensi akan mendapatkan Rp 200.000. Sementara puisi dan cerpen masing-masing Rp 250.000 dan Rp 300.000. Anda juga dapat mengirimkan karya sebanyak-banyaknya dengan tetap memperhatikan kaidah penulisan yang telah ditentukan.

5. Geotimes

Berbeda dari website-website sebelumnya, Geotimes merupakan portal yang tepat bagi Anda pecinta isu-isu kebijakan publik, agama, ekonomi, sosial, hingga tokoh-tokoh politik. Selain isu-isu aktual, Anda juga bisa menulis isu yang timeless. Uniknya, tulisan yang Anda buat sebaiknya bersifat argumentatif dengan memiliki tesis atau mengundang call for action. Jika tulisan Anda berhasil terbit dan mendapatkan 5000 viewer dalam 7 hari, siap-siap kantongi honor dari Rp 350.000 hingga Rp 1 juta!

Sedikit tips jika Anda tertarik mengirim karya Anda pada 5 website penulis di atas, kirimlah tulisan terbaik Anda yang belum pernah Anda terbitkan di mana pun. Tulisan Anda harus orisinil dan memenuhi ketentuan penulisan agar peluang diterbitkannya semakin besar. Semangat! Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari cuan.


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan