Brand Tagline Evolution Tokopedia

Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Brand Tagline salah satu kalimat singkat dan mudah diingat yang memiliki tujuan branding sebuah bisnis. Sebuah tagline yang baik akan menjelaskan suatu bisnis secara tepat.

“Sudah cek di Tokopedia belum?”

“Selalu Ada Selalu Bisa”

Contoh tersebut adalah beberapa contoh brand tagline yang mungkin akrab di telinga kalian semua. Tanpa perlu ada keterangan brand, anda pasti sudah tahu beberapa tagline di atas merujuk ke brand apa saja. Itulah contoh branding tagline yang efektif. Semua itu mengacu pada perancangan agar terdengar unik dan mudah diingat konsumen.

Kamu penasaran lebih dalam soal brand tagline?? Yuk baca artikel ini sampai akhir paragraph ya!!!

Brand tagline itu apa sih??

Brand Tagline adalah kalimat singkat dan mudah diingat untuk tujuan branding sebuah bisnis. Sebuah tagline yang baik akan menjelaskan suatu bisnis secara tepat. Biasanya, tagline muncul berdampingan dengan logo dan digunakan untuk membedakan bisnis Anda dengan kompetitor.

Brand tagline Tokopedia “Selalu Ada Selalu Bisa”

Tentu saja! Siapa pun yang melakukan bisnis online perlu melakukan branding untuk meningkatkan penjualan. Branding sendiri memiliki banyak macamnya, ada Branding Produk, Branding Toko, dan Branding Publik.

Kebanyakan orang salah menafsirkan antara brand tagline dengan slogan. Perbedaan antara kedua nya terletak pada Tagline dibuat untuk merepresentasikan perusahaan atau brand secara keseluruhan. Sedangkan slogan merupakan kalimat singkat yang dipakai untuk campaign atau memasarkan sebuah produk.

Brand tagline Tokopedia dari waktu ke waktu

Siapa yang tidak kenal dengan Tokopedia, salah satu pioneer technology di Indonesia. Marketplace terbesar di Indonesia ini memiliki beberapa brand tagline yang cukup unik dan memiliki makna. Mau tau kan pastinya??? Lets skuyy kita bahas!!!

Tahun 2014 – 2015

Di tahun ini Tokopedia membangun brand tagline yakni “Sudah cek di Tokopedia belum?”  Lalu makna apa yang ada dibalik tagline tersebut??

Tujuan nya adalah untuk memberitahukan semua orang untuk mengakses Tokpedia, mereka bisa menemui banyak penjual yang menawarkan product terbaik mereka.

Tahun 2015 – 2016

Lanjut ke tahun 2015 – 2016, Tokopedia mengangkat sebuah tagline “Ciptakan Peluangmu”, Ada yang tau makna dibalik ini??

Tokopedia ingin memberdayakan pedagang di seluruh Indonesia untuk menciptakan peluang bagi diri mereka sendiri dengan mengoperasikan bisnis mereka secara online. Hal ini lah yang menjadi makna dibalik tagline yang memiliki masa selama 1 tahun.

Tahun 2017

Di 2017, Tokopedia menyajikan tagline “Semua dimulai dari Tokopedia” , dibuat dengan memiliki makna sebagai cara untuk memperkenalkan Tokopedia sebagai solusi satu atap untuk kebutuhan orang.

Tahun 2018 – 2019

“Mulai Aja Dulu” menjadi tagline di tahun 2018 – 2019. Makna dari tagline tersebut adalah mendorong seseorang untuk mewujudkan impian mereka dengan mengambil langkah – langkah kecil dengan Tokopedia.

Tahun 2020 – 2021

Di tahun 2020 – sekarang, mereka memiliki tagline “Selalu Ada Selalu Bisa”. Makna hal tersebut adalah menjadi solusi bagi kebutuhan masyarakat di seluruh nusantara, untuk apapun yang mereka butuhkan dan apapun yang mereka inginkan, terutama di masa pandemik.

Apa yang kamu bisa dapatkan dari insight tagline Tokopedia?? Jawabannya pasti adalah melalui branding tagline produk, penjual dapat memfokuskan produknya agar terlihat berbeda dari produk toko lain, sehingga produk yang ada di toko Anda termasuk dalam prioritas pertama di mata calon pelanggan.

Branding bukan hanya tentang memenangkan hati target pasar supaya memilih brand Anda. Lebih dari itu, penting bagi pelanggan untuk dapat melihat brand Anda sebagai satu-satunya yang dapat memberikan solusi bagi kebutuhan mereka.

Tampilan dan kualitas produk bisa menjadi kunci utama untuk menggapai target pasar dan menjangkau pelanggan yang potensial berbelanja di toko Anda. Oleh karena itu, branding yang baik dapat membuka peluang baru dengan memanfaatkan  brand awareness yang sudah ada. Jadi, tunggu apalagi yuk segera manfaatkan branding untuk toko online Anda!

Artikel ini bermanfaat bagi kamu?? Silahkan di like dan share kepada semua orang agar ilmu nya dapat tersebar luas di wilayah nusantara. Jangan lupa juga baca seluruh artikel https://boskonten.com/ Sekian dari gue Sabar Yonathan Simarmata sebagai penulis content ini. Bye!!


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan