Ingin Menjadi Copywriter Handal?? Ikuti Metode Ini

Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Menjadi seorang copywriter yang handal tentunya sangat sulit dan tidak mudah. Bayangkan saja anda harus cerdas dalam membuat sebuah kalimat iklan yang harus membuat seseorang melirik dan merasa tertarik. Seperti contoh di bawah ini:

“Aku dan Kau Suka Dancow”

“Kulit Manggis Kini Ada Ekstraknya”

Pernahkah kalian mendengar dua kalimat diatas?? Jika iya menurut kalian kalimat tersebut merupakan kalimat apa?? Atau hanya sebatas basa-basi belaka saja?? Dua kalimat tersebut merupakan contoh kecil dari sebuah copywriting.

Di dalam dunia online marketing, yang menjadi connector antara perusahaan dengan masyarakat berupa artikel, gambar, serta video. Jika pada dunia nyata nya dikerjakan oleh salesman, maka peran copywriting menggantikan salesman tersebut.

Apakah sudah mendapat gambaran nya gais?? Jika belum simak sampai akhir ya artikel ini.

Berkenalan Lebih Dalam Mengenai Copywriting

Di awal sudah dikatakan jika copywriting pengganti dari salesman. Nah pengertian singkat dari copywriting adalah seseorang yang menulis untuk materi marketing dan iklan. Teknik penulisan secara singkat, padat dan jelas dalam media apapun untuk tujuan pemasaran / awareness. Copywriting bertujuan untuk “selling” dan dilakukan agar audience bisa melakukan suatu kegiatan / action seperti: tagline, hastag, judul campaign, penjelasan produk secara singkat, dan value sebuah brand.

Menjadi Copywriter Handal bagaimana ya caranya??

Customer Centric

Customer centric sangat diperlukan agar konten kamu dilirik.

Yaps, pertama adalah customer centric. Perlu di ingat bahwa yang membeli produk kita adalah customer. Jadi buatlah copywriter yang di inginkan si customer, bukan yang anda inginkan. 3 hal yang perlu diperhatikan, antara lain: apa yang kalian jual, ads copywriting nya, dan apa yang customer inginkan. Jadilah problem sovling dari permasalahan customer maka mereka tidak akan ragu membeli produk yang anda hasilkan.

Sederhana

Kata yang sederhana lebih dari cukup dalam copywriting.

Bukan kah jika marketing nya sederhana itu lebih menarik?? Kata sederhana memiliki arti berhenti menggunakan bahasa yang “sok” keren. Pada dasarnya orang bodo amat sama istilah-istilah yang terbilang wah.

Contoh yang salah: Mengandung Vitamin Ag 12 X, dengan menggunakan sistem deumaksimaproximus,bla..bla..bla..

Seharusnya: “Teknologi HP ini dilengkapi dengan reverse hydraulic suppression, untuk performa gaming yang lebih cepat”

Insightfull

Agar dilirik, copywriting sebaiknya memberikan insight tersendiri bagi audience.

Hindari lah gimmick atau pembodohan. Customer tidak lah bodoh, mungkin 1 atau 2 kali akan berhasil, namun untuk selanjutnya tidak akan ada lagi yang percaya dengan produk anda. Daripada menggunakan nya lebih baik anda memberikan hal-hal positif yang ditawarkan dari produk yang ditawarkan.

Contoh: “Dengan riset selama 6 bulan, kami percaya materi gel putih ini dapat melindungi kulit anda dari sinar matahari dan melembabkan wajah anda selama 7 jam”

Emosional

Buatlah unsur yang mengandung emosional sehingga terciptanya relationship.

Fokus ke value yang ingin disampaikan, jangan sampai meluber kemana-mana ya. Kalau anda ingin bahas diskon, ya infokan saja diskon nya.

Contoh: “6 – 7 September 2021 kami akan memberikan diskon sebesar 30% untuk seluruh brand yang tersedia pada applikasi. Buruan goyangkan jarimu dan dapatkan berbagai produk ori dengan harga terjangkau”

Sebelum artikel ini berakhir, ada dua hal yang harus kalian ingat. Karena anda ngiklan ke manusia, maka gunakan lah bahasa yang digunakan manusia dan usahakan customer dapat mencerna nya dengan cepat.

Share artikel ini jika bermanfaat. Comment di  kolom komentar jika anda memiliki pandangan lain. Sampai jumpa di konten selanjutnya ya!!!


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan