5 Inspirasi Content Marketing Terbaik yang Dapat Kamu Ikuti

content marketing
Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Sebelum kita mulai bahas inspirasi konten yang dapat kamu contoh, yuk kita bahas dulu apa sih content marketing itu.

Content marketing adalah strategi membuat serta menyebarkan konten yang bernilai, relevan, dan konsisten untuk menarik perhatian target pasar. Tentunya hal ini bertujuan agar target pasar dapat melakukan aksi yang menghasilkan profit untuk kita.

Lalu… apa alasan kita membuat konten untuk mendapatkan keuntungan?

Mengapa Content Marketing Penting

Pertama, kamu bisa meningkatkan reputasi brand kamu. Leads ataupun pelanggan kamu pastinya ingin menikmati konten yang bernilai dan relevan bagi mereka. Kamu bisa menunjukkan bagaimana kamu paham dengan permasalahan mereka, solusi yang kamu tawarkan, atau hal yang berkaitan dengan ini.

Ini juga merupakan sarana untuk menunjukkan apa yang buat brand kamu beda dan lebih baik daripada kompetitor.

content marketing penting
Selain meningkatkan identitas brand, content marketing juga berfungsi menggait leads. (Sumber: Unsplash.com)

Content marketing juga merupakan strategi yang dapat digunakan di berbagai marketing funnel. Strategi ini dapat meningkatkan leads dan meyakinkan mereka untuk melakukan konversi.

Kamu juga bisa menjalin hubungan dengan mereka yang telah melakukan konversi untuk menggunakan kembali atau menyebarkan informasi akan produkmu. Tentunya, biaya yang dikeluarkan untuk strategi ini juga tidak terlalu tinggi.

Contoh Content Marketing yang Bisa Kamu Pelajari

Konten Instagram Punya @seed (Seed)

Seed adalah salah satu contoh brand yang sukses menarik perhatian orang-orang di sosial media instagram. Kalau kamu punya usaha yang berhubungan dengan edukasi boleh banget nih amati cara mereka menulis konten yang insightful tapi juga menyenangkan!

Selain itu, visualnya kreatif sekaligus relevan dengan topik yang dibahas. Ini bisa jadi acuan buat kamu yang mau menampilkan gambar-gambar simple tapi berbobot di postingan instagram kamu.

Tapi kalau mau menambahkan desain yang ‘wah’ kamu bisa pakai beberapa tools yang sederhana dan gratis.

Video Billie x Adobe

contoh content marketing
Dalam satu menit, video ini telah menunjukkan apa saja yang Adobe dapat lakukan. (Sumber: Youtube Adobe)

Adobe mengeluarkan video Billie x Adobe bertajuk Create What’s True to You. Hal yang membuat ini menarik bukan hanya teknik influencer marketing yang Adobe gunakan. Namun juga bagaimana video ini menunjukkan bagaimana fitur Adobe Creative Cloud bekerja.

Jadi, dalam suatu video pendek kamu sudah menunjukkan bagaimana produkmu bekerja dan hal apa saja yang membuatnya bernilai tinggi.

Design School Webnya Canva

content marketing
Tampilan konten belajar dari Canva. (Sumber: Canva Design School)

Produk kamu makin terkenal tapi masih ada saja orang yang kesulitan menggunakannya dengan maksimal. Mungkin inilah yang digunakan Canva untuk mengenalkan fitur produknya sekaligus menjalin hubungan yang erat antara pengguna dan Canva.

Dalam webnya, kamu akan melihat banyak kursus yang sangat membantu dalam mengerjakan desain dalam tools ini. Ini bisa jadi referensi kamu ketika produk kamu cukup tricky untuk digunakan atau saat konsumen butuh bantuan untuk mencapai sesuatu dengan maksimal.

Konten Evergreen Milik Wistia

Kamu juga dapat memanfaatkan konten yang terus ada peminatnya seperti Wistia. Ini biasa kita sebut konten evergreen. Kamu dapat klik di sini untuk lebih kenal konten ini.

Berikut adalah contoh judul konten dari Wistia.

  • 15 Types of Video that Every Business Can Use
  • Remote Podcasting Tips: How to Record Great Audio from Home
  • Video Marketing for Business: An Introductory Guide

My IT Galaxy yang Interaktif dari Eaton

Website IT Galaxy, tempat dimana IT pro bisa berkreasi. (Sumber: Eaton)

Kamu punya bisnis B2B? Mungkin kamu bisa melihat cara Eaton menyajikan My IT Galaxy bagi para target pasarnya. Kamu tidak harus membuatnya serumit Eaton, tapi kamu bisa menjadikan ini inspirasi saat kamu ingin memberikan pengalaman berkesan bagi target pasar kamu.

Hal yang membuat ini menarik adalah Eaton memberikan kebebasan bagi pengguna untuk berkreatifitas dan berimajinasi. Kamu juga bisa menawarkan hal yang sama. Mulai dari berekspresi, curhat, dan brainstorming ide baru.

Pst… kalau kamu ingin mencari inspirasi strategi ini lebih banyak, kamu bisa ke sini.

Bagaimana dengan Content Marketing -mu?

Setelah membaca content marketing di atas, kamu ingin membuat strategi seperti apa? Apakah ada strategi yang paling menarik perhatian kamu? Kalau ada coba bagikan pendapatmu di kolom komentar tentang strategi content marketing!


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan