Instagram Shop, Cara Mudah Jualan via Sosial Media!

instagram shop
Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Instagram, aplikasi rancangan Kevin Systrom dan Mike Krieger resmi diluncurkan pada tahun 2010. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang paling digemari masyarakat global. Instagram adalah aplikasi jejaring sosial berbagi foto yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dan mengeditnya dengan pilihan filter digital. Instagram juga mulai menawarkan berbagi video dan Instagram Stories, sebuah fitur yang bersaing dengan Stories Snapchat. Bahkan, pada tahun 2020 Instagram meluncurkan fitur barunya yakni Instagram Shopping.

Fitur ini diharapkan mampu membantu bisnis kecil dalam menunjang aktivitas marketingnya. Mengingat, instagram memiliki 1.2 miliar pengguna aktif di seluruh dunia danΒ  juga menjadi aplikasi yang paling banyak didownload oleh pengguna Android, yakni sebanyak 28.8 juta kali menjadikan Instagram sebagai sarana marketing yang potensial. Nah, artikel ini akan membahas mengenai seluk-beluk Instagram Shopping, cocok banget nih buat Anda yang sedang memulai bisnis!

Apa itu Instagram Shopping

Instagram shopping adalah serangkaian fitur yang memungkinkan orang untuk berbelanja dengan mudah lewat foto dan video Brand di sosial media Instagram, fitur ini juga memudahkan pebisnis untuk membuat sebuah katalog digital di akun sosial media mereka. Pengguna dapat mempelajari lebih lanjut tentang detail produk secara langsung di aplikasi, dan membeli langsung di Instagram (dengan fitur Checkout) atau mengklik untuk menyelesaikan transaksi di situs web brand.

Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat akun instagram shop bagi bisnis :

  • Buat akun bisnis atau ubah akun pribadi menjadi akun bisnis/profesional
  • Hubungkan dengan Facebook Page bisnis Anda

Anda tidak dapat membuat akun Instagram shop tanpa Facebook Page, jadi usahakan untuk membuatnya terlebih dahulu ya! Pastikan bisnis Anda memiliki domain situs web sendiri. Toko Anda harus berisi tawaran produk yang tersedia agar bisa dibeli langsung dari situs web bisnis Anda. Selain itu, Anda harus mewakili toko atau situs web yang terkait dengan domain yang telah ada.

  • Unggah katalog produk Anda

Tambahkan produk ke Instagram shop Anda dengan menghubungkan katalog yang sudah ada (Facebook Business Catalog Manager) atau membuat katalog baru, Anda juga bisa menggunakan Commerce Manager.

  • Periksa Instagram Shop Anda lalu kirimkan, agar Instagram melakukan peninjauan.

Tips Instagram Shopping

Nah, setelah melakukan step up akun Instagram shop, saatnya Anda melakukan promosi lewat Instagram! Pas banget, ada beberapa tips untuk memaksimalkan Instagram Shop bagi bisnis Anda, yuk simak!

  1. Optimalkan konten visual produk Anda

Instagram adalah aplikasi yang berbasi media visual, jadi produk Anda sebaiknya terlihat bagus! Prioritaskan foto dan video berkualitas tinggi agar barang dagangan Anda terlihat profesional dan menarik. Melalui konten video, Anda dapat memperlihatkan cara penggunaan dan detail produk dengan lebih jelas.

  1. Tambahkan hashtag

Hashtag Instagram yang relevan adalah strategi cerdas untuk melengkapi semua postingan di Instagram, termasuk konten belanja. Mereka akan meningkatkan kemungkinan bahwa pengguna baru menemukan produk Anda. Terdapat 50% pengguna instagram yang mengunjungi Hashtag #Shop.

  1. Bagikan diskon atau promo

Setiap orang pasti menyukai promo, dan menjalankan kampanye promosi di Instagram Shopping adalah cara yang bagus untuk mendorong penjualan.

  1. Analisis dampak strategi penandaan produk (tagging)

Saat pengguna menemukan postingan bisnis Anda di Instagram, mereka dapat mengetuk tombol Suka, berkomentar, menyimpan atau membagikan kiriman, dan tentu saja, tidak melakukan apa pun. Ketika postingan Anda menyertakan tag produk, mereka juga dapat mengeklik ke toko. Anda dapat menggunakan Facebook Commerce Manager untuk mengakses ringkasan garis besar statistik utama produk Anda. 


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan