Konten Evergreen: Solusi Tingkatkan Traffic Organik

Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Pernahkah Anda mendengar istilah konten evergreen? Istilah tersebut sering kali muncul dalam dunia digital marketing, terutama konten marketing. Lalu apa itu konten evergreen dan mengapa jenis konten tersebut dapat meningkatkan traffic organik? Ini dia jawabannya!

Apa itu konten evergreen?

Sederhananya, konten evergreen atau evergreen content merupakan jenis konten yang tetap relevan dari waktu ke waktu. Jenis konten ini tidak pernah “out of date” atau ketinggalan zaman. Karenanya, evergreen content merupakan lawan dari konten yang selalu tren atau “up to date” seperti berita.

Lalu, mengapa namanya evergreen? Simpel saja. Istilah “evergreen” merujuk pada evergreen trees atau pohon yang tidak pernah kehilangan daunnya meskipun melalui berbagai musim seperti pohon pinus atau cemara. Konten yang tidak lekang oleh waktu inilah yang kemudian dinamakan evergeen.

Bagaimana ciri-cirinya?

Konten evergreen tidak memiliki tanggal kadaluarsa dan manfaatnya dapat terasa dalam jangka panjang. Umumnya, jenis konten ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Tidak terpaku pada waktu atau musim.
  • Memiliki traffic yang konstan.
  • Memiliki format yang umum seperti tips, tutorial, ensiklopedia, dan review produk.
  • Merupakan konten yang informatif dan edukatif.
  • Kontennya berisi hal-hal dasar yang selalu manusia butuhkan.

Beberapa contohnya antara lain:

Apa saja manfaat konten evergreen?

1. Konsisten memberikan traffic organik

Konten evergreen mungkin tidak banyak dicari dalam waktu yang bersamaan layaknya konten musiman. Tetapi, konten jenis ini tidak akan pernah kehilangan pembaca sebab mereka akan terus mencarinya dari tahun ke tahun selama isinya relevan.

Bahkan jika Anda membuat konten tersebut secara konsisten, traffic yang Anda dapatkan akan meningkat seiring waktu. Konten musiman mungkin akan mendapatkan traffic yang tinggi ketika awal terbit. Namun, biasanya traffic konten musiman akan terus menurun, terlebih jika topiknya tidak lagi viral.

Berbeda dengan evergreen content yang terus mendapatkan traffic meskipun jumlahnya tidak sebanyak konten musiman pada awal terbit. Orang-orang akan terus mencari konten ini sebab isinya selalu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

2. Memberikan ranking tinggi pada halaman hasil pencarian (SERP)

konten evergreen

Melansir searchenginejournal.com, optimisasi menjadi prioritas dalam membuat konten yang Google-friendly. Kabar baiknya, konten evergreen dapat dengan mudah mencapai ranking tertinggi pada SERP karena sifatnya yang timeless.

Untuk memaksimalkan potensi tersebut, Anda hanya perlu melakukan riset kata kunci dengan optimal dan memastikan bahwa konten Anda teroptimalkan dengan baik.

3. Tetap dikenal publik tanpa terlihat ketinggalan zaman

Konten yang menggunakan subjek yang timeless dapat dengan mudah bertahan dan memberikan jaminan kesuksesan. Karena evergreen content berisi hal-hal mendasar, maka orang-orang akan terus mencarinya.

Apalagi jika konten Anda memiliki peringkat yang bagus pada mesin pencari. Orang-orang akan terus mengunjungi website ataupun blog Anda sekalipun isinya bukanlah topik yang sedang tren.

Itu dia penjelasan singkat seputar konten evergreen yang dapat berguna jika Anda ingin meningkatkan traffic organik. Sudahkah Anda membuat salah satunya?


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan