Manfaat yang Diperoleh dari Employer Branding

Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Dalam pengambilan suatu keputusan / kebijakan haruslah memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi perusahaan. Namun kerap sekali perusahaan melupakan aset berharga bagi perusahaan itu sendiri yakni karyawan nya.

Ada 5 faktor yang berkontribusi terhadap kebahagian karyawan di suatu perusahaan yakni: benefit, work-life balance, working environment, dan jenjang karir / personal growth. (Penelitian Kualititatif Revou, Juni 2021). Tapi tahukah kalian tugas siapa yang menciptakan faktor-faktor tersebut?? Jawaban nya adalah employer branding.

Apakah kalian sudah mendengar istilah tersebut?? Jika tidak kalian beruntung, karena artikel ini akan membahas seputar employer branding !!!

Pengertian Employer Branding

Employer branding adalah salah satu cara perusahaan meningkatkan profile perusahaan untuk pencari kerja yang diinginkan dan karyawan saat ini. Tidak hanya menekankan misi perusahaan, nilai, dan budaya, itu juga menggambarkan pengalaman karyawan selama bekerja di perusahaan.

Merek perusahaan yang positif akan membentuk persepsi pasar yang baik bahwa perusahaan anda adalah tempat yang bagus untuk bekerja. Hal ini sangat bermanfaat bagi perusahaan, karena akan meningkatkan proses rekrutmen, menarik bakat terbaik, mempertahankan saat ini karyawan, dan meningkatkan karyawan keterikatan. Selain itu, ruang lingkup employer branding dapat lebih memperluas ke klien, pelanggan, dan pemangku kepentingan oleh disiarkan dari karyawan yang bahagia dan pencari kerja yang termotivasi.

Penting nya Employer Branding

Manfaat Bagi Jobseeker

Dengan tingginya persaingan industri mencari seorang talent atau calon karyawan yang sesuai dengan perusahaan memang lah menjadi permasalahan bagi seorang recruiter. Pasalnya 50% dari mereka mengatakan tidak akan bekerja untuk perusahaan yang memiliki reputasi yang buruk (Career Builder Survey). Dengan mengaplikasikan konsep employer branding ini, para calon karyawan akan lebih tertarik untuk mengulik setiap jengkal informasi perusahaan. Semakin banyak talent yang mengantri dalam lowongan pekerjaan bukan kah semakin banyak pula pilihan bagi perusahaan anda bukan??

Manfaat Bagi Budget Perusahaan

Percaya atau tidak percaya, konsep branding ini dapat memberikan manfaat kepada perusahaan yang tidak perlu mengeluarkan biaya promosi dalam jumlah besar. Pasalnya, perusahaan tidak perlu mempromosikan secara gencar tentang perusahaan, sebab calon karyawan sudah mencari tahu sendiri. Perusahaan yang memiliki reputasi buruk memiliki pengularan 10% lebih banyak dibandingkan perusahaan yang sudah menerapkan employer branding (Harvard Business Review).

Manfaat Bagi Pertumbuhan Perusahaan

Dalam jangka yang panjang, employer branding akan memberikan manfaat bagi pertumbuhan perusahaan / company growth. Dalam banyak kasus, perusahaan hanya peduli dengan merek konsumen mereka, namun dari wawasan di atas itu juga penting bagi perusahaan untuk fokus pada merek pemberi kerja. Selain itu, reputasi perusahaan dapat mempengaruhi aspek inti dalam perusahaan mulai dari perekrutan talenta terbaik hingga pertumbuhan bisnis. Sebanyak 64% konsumen elah berhenti membeli suatu merek setelah mendengar berita tentang perlakuan buruk perusahaan terhadap pekerjaan (Career Arc Employer Branding Study).

Jika kamu ingin bertanya lebih dalam soal employer branding kamu bisa comment di kolom komentar ya!!


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan