Mengatasi Creative Blok

Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Mengatasi creative blok itulah judul artikel hari ini gess. Berbicara creative blok ini sangat menarik banget, dikarenakan menurut pandangan aku sebagai penulis hampir setiap orang pasti pernah mengalami hal ini tanpa terkecuali apapun.

“Duh hari ini konten apa ya yang gue tulis”

“Mampus design kali ini gatau mau dibuat konsep nya gimana”

“Astaga, bosen banget sama design ya gini terusss”

Kalimat di atas merupakan tanda bahwa seseorang sedang mengalami crative blok. Gausah jauh-jauh deh, gue mau sharing sedikit di awal artikel ini. Alasan gue menulis artikel ini adalah 50% gue sedang mengalami creative blok.

Layak designer pada umumnya, tentu gue pernah mengalami crative blok. Biasanya terjadi saat udah jenuh atau bosan dengan style desaing yang ada. Maklum aja ya di dunia industry kreatif ini persaingan industri nya sangat-sangat ketat

Oleh sebab itu, setiap orang harus dituntut untuk memiliki inovasi serta kreativitas yang cukup tinggi untuk menarik perhatian audience. Namun untuk menghasilkan satu konten yang seperti itu diperlukan ekstra tenaga, pikiran, dan konsentrasi agar setiap content creator bisa menembus creative blok. Akan tetapi ya namanya juga manusia y ages, pasti ada kala nya ide itu kosong.

Bagi kalian yang sedang mengalami creative blok, kali ini gue mau kasih tau gimana cara nya mengatasi creative blok. Tapi, sebelum dibaca nih gue mohon banget untuk share ke temen-temen seperjuangan lo agar mereka paham tips and trick yang gue buat ini. Okay??

Lets skuy kita bahas!!

Apasih itu creative blok??

Creative blok merupakan sebuah kondisi dimana pekerja kreatif mendapatkan hambatan dalam menemukan inspirasi untuk memproduksi karya mereka. Penyakit ini sering juga disebut sebagai artist’s blok. Istilah umum yang biasa digunakan adalah tidak ada inspirasi, mentok, stuck hingga secara blak-blakan malas berkarya atau mood-mood-an. Intinya, mental kita dalam keadaan yang menolak untuk berkreasi.

Apa aja sih tanda orang dalam posisi creative blok??

Creative blok dapat muncul dan terjadi pada siapa aja ges. Beberapa tandanya yakni:

Kesulitan untuk mengerjakan sesuatu yang baru

Terkadang setiap atasan menuntut karyawan nya untuk berinovasi secara berlebihan, tanpa disadari bahwa setiap manusia memiliki batasan-batasan nya sendiri. Creative blok dapat muncul ketika segala aktifitas yang dikerjakan sedang menumpuk dan overload.

Hal ini lah yang membuat seseorang akan stress sehingga ia tidak bisa memikirkan hal-hal apa saja yang fresh bagi tempat ia bekerja.

Merasa terjebak dan meragukan dirinya sendiri

Di posisi ke dua ada merasa terjebak dan meragukan kemampuan dirinya sendiri. Bisa jadi seseorang yang sedang di posisi ini adalah seseorang yang dikategorikan ragu dan tidak pede terhadap tuntutan yang diberikan oleh atasan nya, sehingga ia selalu overthinking dan tidak bisa berpikir secara jernih.

Terlambat dan menunda dalam memberikan pekerjaan

Siapa sih yang kerjaan nya selalu menunda-nunda?? Biasanya orang yang seperti ini ketika pekerjaan yang diberikan, ia selalu bertanya “deadline nya kapan ya pak??” Hal ini lah yang akan bisa membuat lo di posisi creative blok. Jika lo puny aide fresh atau something a new langsung dikerjakan aja tanpa perlu menundah-nunda club.

Bagaimana cara mengatasinya??

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kamu dapat melalui situasi creative block ini dengan baik tanpa harus menambah beban pikiran kamu. Selain itu, hasil pekerjaan yang kamu dapatkan juga lebih maksimal dan memenuhi ekspektasi, serta kamu bisa tetap produktif saat pandemic

Back to ground zoo

Ketika ide kosong dan tidak terlintas hal apapun, lo bisa flashback sedikit terkait background nya, tujuan awal nya, dan target audiens nya untuk siapa.

Mencari referensi lain

Lalu yang terpentng dalam menghadapi creative blok adalah mencari referensi-referensi dari hal apapun, bisa itu kompetitior atau scrool up and down sosial media.

Minta feedback atau saran dari orang lain

Yang terakhir adalah mintalah saran dari orang lain terkait pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Biasanya orang yang lo tanyain akan memberikan sedikit inspirasi terkait kekurangan dan kelebihan pekerjaan lo dan itu bisa meluaskan pikiran dan imajinasi lo sendiri.

Intinya creative block adalah sesuatu yang menahan lo dalam berkreasi. Hal itu sangat wajar, namun yang tidak wajar nya adalah lo tidak mau keluar dari posisi itu. Jika lo mau digantikan oleh orang lain ya silahkan, tapi jika lo masih mau bekerja its your time .

Kamu dan team memiliki masalah dalam mengatasi crative blok pada penulisan artikel website??

Buat beberapa instansi yang sedang mengalami dan ingin mengatasi creative blok dalam penulisan artikel websitenya, bisa menggunakan jasa boskonten.com. Disini tempatnya penulis-penulis muda yang punya segudang ide, kreatifitas, dan angle yang berbeda agar website siboss bisa dicintai bahkan dirindukan oleh customer.

Jika ada pertanyaan terkait jasa boskonten.com bisa hubungi atau check disini.


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan