Mengenal Google My Business : Cara Kerja dan Manfaatnya!

google-my-business
Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Aplikasi keluaran Google pada Juni tahun 2014 ini mampu membantu para pebisnis. Pasalnya, Google My Business merupakan alat yang gratis dan murah untuk mengatur eksistensi online pada bisnis dan sebuah perusahaan di Search Engine Google. Tools ini memudahkan pelanggan untuk mencari dan menemukan lokasi bisnis anda. Selain itu, Google Business membantu sebuah bisnis untuk berinteraksi dengan pengguna, melakukan verifikasi bisnis dan menyunting detail informasi bisnis. Nah, karena sudah tau apa itu Google bisnis, kita bahas lebih dalam seputar google bisnis yuk!

Mengapa harus memiliki akun Google My Bisnis?

Menurut Hootsuite terdapat 3 alasan mengapa suatu bisnis harus memiliki akun google bisnis :

Mudah ditemukan

Pencarian melalui search engine Google merupakan pencarian digital, jadi meskipun bisnis anda adalah servis jam tangan, toko bangunan, pelanggan dan prospek anda terdapat pada jaringan internet atau online. Kemudian, dari pencarian Google My Business mereka menemukan bisnis anda, maka dari itu sangat diperlukan eksistensi digital melalui Google My Business. Dalam beberapa tahun terakhir, penelusuran dengan frasa, β€œterdekat”, telah meningkat lebih dari 500 persen. Artinya, orang mencari bisnis di dekat mereka, baik itu restoran, bioskop, toko furniture, atau pusat peralatan.

Sumber informasi pelanggan

Jangan biarkan pelanggan mengira-ngira detail informasi penting bisnis anda. Pastikan, ketika seseorang mencari bisnis anda, pelanggan memperoleh informasi yang sah dan langsung dari sumbernya. Cantuman  informasi lengkap bisnis Anda mencakup kontak, jam buka, dan detail penting lainnya.

Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Studi Hootsuite membuktikan bahwa 70% pelanggan lebih cenderung mengunjungi bisnis dengan cantuman Google Bisnisku. Studi lain menemukan bahwa bisnis dengan cantuman lengkap di Google dua kali lebih mungkin untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Kepercayaan adalah faktor kunci dalam membuat keputusan pembelian. Semakin percaya diri konsumen, semakin besar kemungkinan mereka untuk membeli. Angka kredibilitas dari Google mampu untuk membuat  menjadi 38% orang mengunjungi toko Anda, dan 29% lebih mungkin untuk membeli sesuatu.

Nah, bagaimana cara membuat akun Google My Business? Hootsuite turut membagikan cara mempersiapkan akun Google My Business. Yuk kita simak!

Step 1. Melakukan pendaftaran akun di www.google.com/business, Anda juga bisa masuk pada akun yang telah terdaftar. Pastikan Anda memakai domain bisnis Anda ya!

Buat Akun Google My Business

Step 2. Masukkan nama bisnis Anda, setelah itu pilih kategori bisnis mulai dari produk, makanan dan minuman hingga jasa. 

Nama Bisnis Anda

Step 3. Masukkan alamat bisnis Anda, Jika Anda memiliki lokasi fisik yang dapat dikunjungi pelanggan, pilih Ya. Kemudian tambahkan alamat Anda dan menempatkan penanda lokasi pada peta. Jika bisnis Anda tidak memiliki lokasi yang dapat dikunjungi pelanggan tetapi menawarkan layanan atau pengiriman, Anda dapat mencantumkan area layanan Anda.

Atur Lokasi Bisnis Anda

Step 4. Mengisi informasi kontak Anda, masukkan nomor telepon maupun website yang Anda miliki sehingga pelanggan dapat dengan mudah menjangkau Anda. 

Step 5.  Selesaikan dan kelola bisnis Anda, setelah melakukan pengisian informasi maka langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi. Ada beberapa pilihan verifikasi bisnis, antara lain melalui surat pos, alamat email dan telepon. Verifikasi dapat memakan waktu beberapa hari hingga dua minggu agar kartu pos tiba. Saat Anda menerima kartu pos, login dan klik Verifikasi lokasi dari menu dan masukkan kode verifikasi lima digit dari kartu pos Anda.

Setelah memiliki akun Google My Business, apa yang perlu dilakukan sebuah bisnis? Hal tersebut adalah mengoptimalkan akun Anda. Beberapa tips dari HubSpot ini akan sangat membantu. Simak ya!

Cara mengoptimalkan akun Google My Business!

1, Menambah atau memperbarui informasi bisnis
Informasi akun Google My Business

Tambahkan informasi dan media sebanyak dan se-up to date mungkin, termasuk foto profil bisnis, area yang Anda layani, jam buka Anda, hari dan tahun Anda membuka usaha, dan nomor telepon serta URL situs website Anda.

2. Menambahkan foto produk atau jasa
Profile Google My Business

Menurut Google, bisnis dengan foto menunjukkan 35% lebih banyak klik ke situs web mereka dan permintaan petunjuk ke lokasi bisnis 42% lebih tinggi di Google Maps. Foto harus memiliki lebar minimal 720 piksel dengan tinggi 720 piksel dan file JPG atau PNG. Foto sampul dan foto profil Google Bisnisku adalah salah satu yang paling penting, karena muncul di depan dan ditengah akun bisnis Anda atau menjadi wajah eksistensi bisnis anda di era digital.

3. Menambahkan Video

Anda juga dapat menambahkan video. Google memberikan rekomendasi video yang, 30 detik atau lebih pendek, 100 MB atau lebih kecil, serta memiliki resolusi 720p atau lebih tinggi.  Berbeda dengan foto, jika Anda tidak memiliki video pemasaran maka Anda tidak harus mencantumkannya dalam profil Google Bisnis Anda.

4. Mengoptimasi Fitur Ulasan

Meninggalkan tanggapan yang menghargai tidak hanya menunjukkan kepada pebisnis bahwa Anda berterima kasih atas dukungan mereka, ulasan positif itu menonjol dan mempengaruhi orang untuk meninggalkan ulasan mereka sendiri. Fitur ulasan ini sangat membantu bisnis online karena mampu meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan calon pelanggan.


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan