PR Campaign for Succes Your Brand

Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

“PR Campaign dong bang”

“Ulas PR Campaign dong”

“PR, bang PR!!”

Berhubung banyak yang DM in gue untuk bahas PR Campaign jadinya artikel hari ini membahas soal PR Campaign

#Whatsapp bosquee balik lagi sama gue Sabar Yonathan content writer Boskonten. Tepat hari ini gue merayakan 1 bulan kebersamaan gue dengan boskonten. Jadi berhubung gue sama boskonten lagi anniversary, judul artikel kali ini dibuat dengan special dan keren banget yak an.

Sok-sokan Bahasa Inggris tapi gabisa bahasa inggris gue jujur.

Yaps, kenapa sih lo pada mau bahas soal ini?? Em.. gue yakin sih, kalian lagi mau ningkatin brand awareness, narik perhatian media, dan meningkatkan reputasi perusahaan kalian kan??

Okay no problem sih, berhubung gue juga orang baik ya, maka guae butin deh artikel ini. Tapi jangan lupa untuk di share dan comment ya artikel ini!!

PR Campaign itu apa sih?

PR Campaign merupakan serangkaian kegiatan terencana yang semuanya memiliki tujuan tertentu dan bekerja menuju tujuan yang sama untuk sebuah bisnis.

Kesuksesan PR Campaign ditentukan oleh faktor-faktor sebagai berikut: seberapa banyak press release yang diterbitkan di media massa, social media engagement and reach, media content analisis, website traffic, brand mention, dan sales figure.

Billboard merupakan salah satu contoh PR Campaign https://unsplash.com/photos/AThrXc5Gi2s

Menarik, kan? Ternyata, kegiatan PR juga mampu mendorong aktivitas marketing dan sales.

PR Campaign yang menarik itu gimana??

Ada beberapa tahapan / flow yang lo harus tau biar PR Campaign menarik, antara lain:

Set Your Objective and Goals

For the first time, lo harus nentuin benda apa yang ingin lo campaign kan. Mungkin saat ini lo butuh peningkatan awareness masyarakat terhadap brand terbaru lo atau sebagainya. Setelah menetapkan benda nya, lo harus buat goals dari perencanaan campaign lo itu. Mungkin seperti: 3 hari ngelaksanakan campaign omset penjualan brand terbaru lo harus naik 45%.

Menurut gue, tahap pertama ini adalah tahap yang paling krusial dan harus dipikirkan matang-matang.

Know your target audience

Sama hal nya dengan langkah pertama, di langkah kedua ini lo harus nentuin target pasar nya itu siapa aja. Mungkin brand yang ingin lo campaign kan relate dan berhubungan dengan mahasiswa atau Gen Millenials.

Fungsi dari mengetahui audience ini agar campaign yang lo buat tidak terkesan “garink” ataupun salah sasaran. Perbedaan umur / genre / jenis kelamin membuat perbedaan strategi tentunya.

Choose the right platform

Nah yang ke 3 ni bosquee, pilih lah platform yang terbaik dan benar-benar worth it untuk PR Campaign lo. Lo harus tau platform-platform itu sedang nge trend nya apa, supaya campaign yang lo buat bisa masuk ke platform itu dan semakin banyak masyarakat tau keberadaan brand lo.

Find creative angle

Menjadi berbeda dengan competitor itu perlu bosquee. Selama lo ga bisa menjadi beda dari lainnya, maka orang juga ga akan memperhatikan brand yang lo ciptakan. Saran gue sih cari celah yang bisa lo tembus agar masyarakat tau, ke unikan dari product yang lo tawarkan ke mereka.

Set a timeline

Buat timeline-timeline agar campaign lo teratur dan terstruktur dengan rapid an efisien. Gue percaya jika lo udah nentuin timeline, maka lo dan team engga akan kebingungan.

Keep track of progress

Langkah terakhir adalah langkah yang harus lo tempuh untuk menganalisis apakah campaign yang lo rencanakan sesuai dengan target atau tidak. Sehingga lo bisa paham dimana letak kesalahan nya, berapa efisien campaign nya, dan problem solving yang harus buat demi mengejar goals awal.

Terakhir ada beberapa catatan yang akan gue berikan nih: PR bukan satu ukuran yang cocok untuk semua target market. Ketika menggunakan efektivitas, PR Campaign sangat bagus untuk menyampaikan pesan secara spesifik kepada audience. PR Campaign bertujuan untuk membuat cerita tentang product atau perusahaan kepada audience. Pastikan jika Campaign yang dibuat informative, creative, and engaging

Itu aja sih dari gue, semoga artikel ini semoga dapat membantu lo semua ya. See u bosquee!!


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan