Mengenal Lebih Jauh Profesi Digital Marketing

digital marketer
Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Perkembangan pengguna internet diseluruh dunia meningkat dari tahun ke tahun, hal tersebut juga terjadi di Indonesia. Memiliki lebih dari 191 juta pengguna internet aktif, Indonesia menjadi salah satu pasar online terbesar di dunia. Sistem pemasaran yang bergeser dari pemasaran offline menjadi pemasaran digital yang tentunya membuat bisnis melakukan adaptasi. Salah satu adaptasi tersebut adalah dengan merekrut seorang digital marketer, agar aktivitas digital marketing dapat berjalan secara efektif. 

Apa itu Digital Marketer?

Digital marketer adalah profesi baru yang menjadi jawaban kebutuhan internet dan sosial media akan bagaimana cara pemasaran di era digital. Profesi digital marketer adalah profesi di bidang pemasaran yang menggunakan platform digital. Seorang digital marketer bertanggungjawab untuk membentuk dan menjaga brand awareness serta sebagai perantara bisnis dengan konsumen, salah satunya dengan media sosial.

Tugas seorang Digital Marketer

Lalu, apa sajakah yang dikerjakan seorang digital marketer? Yuk mari kita bahas!

Content Strategy

Seorang digital marketer bertanggungjawab untuk membuat strategi konten situs web dan media sosial untuk merancang dan menerapkan strategi konten sehingga tujuan perusahaan seperti awareness, interest, desire, dan action  mampu terpenuhi.

Sosial media marketing

Merancang konten strategis yang mempromosikan produk atau merek Anda di seluruh platform media sosial seperti, Instagram, Twitter, Facebook, dan LinkedIn. Sosial media marketing menjadi tantangan tersendiri karena setiap sosial media memiliki audiens dan preferensi yang berbeda-beda. Jadi, seorang digital marketer sebaiknya mampu menyesuaikan konten dengan tipe sosial media.

Email marketing

Salah satu cara untuk memelihara hubungan dengan pelanggan Anda adalah dengan email marketing. Melalui email marketing, sebuah brand dapat memberi pelanggan informasi terbaru, dan meningkatkan tingkat keterlibatan mereka, dan menjangkau calon klien dengan kampanye bertarget tinggi. Email marketing merupakan salah satu cara marketing yang paling efektif karena memiliki persona yang lebih personal, maka seorang digital marketer harus mampu memanfaatkan potensi ini ya. 

SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Machine)

Mengoptimalkan struktur dan situs web dengan membuat konten yang SEO friendly merupakan salah satu tanggungjawab digital marketer agar situs web lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Selain itu, sebaiknya juga memahami SEM atau optimasi mesin pencari berbayar. Dua hal tersebut merupakan cara pemasar digital membantu mengarahkan lalu lintas yang relevan ke situs web mereka.

Skill Digital Marketer

Nah, untuk memenuhi beberapa tanggung jawab tersebut, tentu terdapat kualifikasi atau skill yang harus dimiliki seorang digital marketer. Simak beberapa skill ini ya biar kamu bisa mempersiapkan diri menjadi seorang digital marketer!

1. Menyusun konten strategis

Meski skill ini tidak berpengaruh langsung pada penjualan tetapi mampu membentuk citra brand. Konten strategis memiliki arti konten yang relevan dengan produk brand Anda dan juga konten yang sesuai dengan audiens Anda.

2. Copywriting

Skill ini sangat berpengaruh bagi aktivitas digital marketing Anda, dengan copywriting yang efektif mampu membuat pelanggan tertarik dan melakukan action pembelian. Copywriting biasanya terdapat pada aktivitas digital marketing di media sosial. Selain membantu penjualan, copywriting dapat membantu  menjadi lebih dekat dengan pelanggan. 

3. Memahami SEO dan SEM

Sebagai salah satu tanggungjawab digital marketer, maka sebaiknya memiliki pemahaman mengenai bagaimana memanfaatkan SEO dan mengoptimalkan SEM agar channel digital marketing tersebut bisa berjalan secara efektif. 

4. Analisis Data

Skill analisis data merupakan skill yang terpenting pada aktivitas digital marketing. Melalui keahlian analisis data, seorang digital marketer mampu mengetahui seberapa efektif kampanye atau konten yang sedang atau telah berjalan. 

Nah, setelah mengetahui lebih lanjut mengenai job desk dan keahlian yang dibutuhkan, Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang digital marketer? 


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan