Prospek Kerja Seorang Content Writer

Content Writer
Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Digitalisasi yang terus terjadi mendorong segala bidang industri ikut melakukan penyesuaian terhadap era digitalisasi. Salah satu hal yang  perlu Anda siapkan untuk menghadapi digitalisasi adalah kesiapan pemasaran digital yang berbasis konten dan tulisan. Hal tersebut tentu memerlukan seseorang yang mampu merancang dan mengeksekusi tulisan konten dengan baik, atau yang biasa disebut dengan content writer. 

Content writer adalah aktivitas penulisan konten oleh seseorang yang memiliki minat dan keahlian di bidang penulisan. Profesi content writer mengacu pada pembuatan konten untuk situs web dan pemasaran digital. Seorang content writer perlu melakukan riset, merencanakan, menulis dan menyunting konten

Skills seorang Content Writer

Content writer merupakan profesi yang kompleks mulai dari riset hingga publikasi konten, maka perlu kemampuan yang mumpuni. Beberapa kemampuan yang sebaiknya dimiliki seorang content writer yaitu :

Kemampuan beradaptasi

Setiap konten tentu memiliki tujuan yang berbeda, maka dari itu seorang penulis konten yang baik harus beradaptasi dengan mengetahui bagaimana menulis dalam nada dan format yang berbeda. Setiap penulis harus memahami tujuan konten, untuk membuat konten yang menarik. Agar hasil konten sesuai dengan kebutuhan bisnis dan audiens.

Kemampuan riset yang baik

Riset adalah kunci untuk membuat konten, untuk menjadi penulis konten yang dapat mendapat kepercayaan pengguna, konten yang Anda buat harus kredibel. Temukan sumber terpercaya untuk melakukan riset Anda dalam konten yang andal. Anda bisa melakukan ebutkan statistik dan fakta dalam konten Anda untuk membuat konten Anda lebih efektif. Konten yang memiliki sumber yang kredibel meningkatkan peluang situs web Anda muncul di mesin pencari dan menurunkan bounce rate.

Memahami SEO

Seorang content writer sebaiknya memahami bagaimana cara kerja SEO dan cara mengoptimalkannya. Memahami SEO adalah suatu keharusan dalam prospek penulisan konten. Anda dapat menggunakan teknik yang berbeda seperti optimasi kata kunci untuk membuat konten SEO. Pengoptimalan Kata Kunci membantu mesin telusur mengenali subjek konten Anda yang membantu Anda tampil di urutan teratas dalam hasil penelusuran di mesin pencari.

Kemampuan menyunting

Keterampilan menyunting sangat diperlukan karena pengguna cenderung enggan membaca konten yang terdapat kesalahan. Untuk mengedit, Anda harus memiliki kesabaran dan pengetahuan ahli tentang tata bahasa dan tanda baca. Terkadang mengedit bisa memakan waktu lebih lama daripada menulis. 

Kemampuan membuat konten berkualitas

Jumlah kata tidak masalah ketika konten relevan dan menyampaikan pesan yang tepat kepada orang-orang. Konten dengan pesan yang to the point dan tidak mengandung terlalu banyak kata dinilai lebih baik. Kualitas konten Anda tergantung pada banyak faktor seperti keterbacaan dan kredibilitas yang memungkinan tulisan Anda akan muncul pada hasil pencarian pertama.

Prospek Kerja Content Writer

Prospek kerja dalam menulis konten berkembang setiap hari dengan pertumbuhan pemasaran digital dan konten. Karier dalam penulisan konten hadir dengan peluang dan tantangan tanpa akhir. Munculnya internet, menyebabkan permintaan untuk penulis meningkat berlipat ganda. Hingga saat ini, selalu ada permintaan untuk penulis konten, baik di perusahaan, atau bahkan bisa menjadi penulis lepas serta pembuat konten/blogger penuh waktu. Beberapa bidang yang dapat Anda pilih dari penulisan konten adalah: 

1. Blogging

Konsep blogging telah meningkatkan prospek penulisan konten. Sebagai penulis konten, Anda dapat memulai blog Anda dan menghasilkan uang. Salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog Anda adalah melalui pemasaran afiliasi.

2. Copywriter

Sebagai copywriter, Anda sering menulis untuk menjual. Seluruh ide berfokus pada pemasaran dan periklanan. Ini membutuhkan pemikiran yang out of the box. Mereka bertujuan untuk meningkatkan penjualan perusahaan.

3. SEO writing

Konten SEO membantu brand Anda untuk muncul di mesin pencari. Tugas seorang penulis konten SEO adalah mengoptimalkan konten menggunakan taktik SEO. Penulis konten SEO menggunakan berbagai teknik SEO, teknik SEO yang paling umum adalah Optimasi Kata Kunci, SEO On-page, dan SEO Off-Page.

4. Technical writer

Bidang penulisan ini memiliki peluang di semua industri, terutama pada sektor teknis. Anda tidak memerlukan keterampilan teknis tetapi jika Anda mempelajarinya, itu jelas merupakan sebuah nilai plus.

5. Freelance Writer

Sebagai penulis lepas, Anda dapat bekerja dari rumah dan menghasilkan uang. Penulis lepas dapat memilih untuk menawarkan layanan penulisan konten untuk berbagai industri, atau memilih industri atau bidang tertentu. Anda sebaiknya memiliki keterampilan riset yang sangat baik, karena Anda harus menulis tentang topik yang berbeda.

Nah,setelah mengetahui kemampuan yang perlu dikuasai, prospek kerja dan beberapa jenis pekerjaannya, apakah Anda tertarik untuk content writer?

Baca juga artikel mengenai writerpreneur untuk mengetahui lebih dalam pekerjaan di bidang kepenulisan!


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan