Tips Email Marketing Supaya Sukses di Tahun 2022

tips email marketing tips
Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Email marketing memang sudah kerap para pebisnis gunakan, tapi tidak semuanya sukses engagement buat usaha kamu. Terlebih lagi di jaman seperti sekarang ini, perlu banyak penyesuaian diri dan pendekatan agar para penerima email bisa ‘cukup tersentuh’ untuk klik email yang kamu kirim.

Okay, Tapi Kenapa Email Marketing?

Kesannya memang agak kuno, tapi strategi ini tetap populer.

Kenapa? Menurut Kompasiana, cara ini ternyata merupakan pendekatan yang lebih personal buat konsumen kamu.

Orang-orang yang menerima email adalah mereka yang sudah setuju untuk subscribe karena sudah pernah mencoba produkmu atau memang ingin tetap dapat kabar soal produkmu. Tentu saja, ini membuat kamu bisa lebih mudah memberikan informasi terkait promosi, kupon, dan perkembangan usahamu.

Terakhir, hal yang membuat cara ini popular adalah minim biaya. Yap, jika dibandingkan dengan memasang iklan di sosial media, cara ini masih lebih murah dan efisien. Tapi tentu saja, mereka tidak akan membuka emailmu jika kamu tidak menggunakan strategi yang baik.

Strategi email marketing
Email marketing membutuhkan strategi yang baik untuk menaikkan engagement dan konversi. (Sumber: unsplash.com).

Apa Saja Email Marketing Tips -nya?

Kami merangkum beberapa email marketing tips yang akan sukses pada tahun 2022 menjadi beberapa poin berikut.

Libatkan Konsumen

Tips pertama adalah biarkan mereka berpartisipasi berbagi testimoni positif atas produkmu. Masukkan cerita dan foto mereka ke dalam konten emailmu sebagai social proof.

Gunakan Tools

Seiring dengan berkembangnya persaingan bisnis, teknologi yang para pebisnis gunakan juga semakin canggih. Supaya tidak ketinggalan, manfaatkan tools yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas emailmu. Contohnya tools untuk menentukan subyek email terbaik dan menjadwalkan pengiriman email.

Kelompokkan Subscribers

Tidak ada yang lebih menyentuh dibandingkan email personal yang tertulis dengan penuh perhatian. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama. Sertakan tools untuk memahami kebiasaan dan gaya hidup mereka. Lalu, kelompokkan para subscribers untuk menentukan jenis tulisan yang paling tepat untuk mereka.

Email marketing tips agar lebih personal
Agar bisa membuat email yang lebih personal, kita perlu mengenal kebiasaan dan hal yang subscriber kita minati. (Sumber: unsplash.com).
Tumbuhkan Interaksi dengan Mereka

Supaya tidak terjadi interaksi secara satu arah, kamu bisa memberikan call to action bagi mereka untuk mengunjungi landing page, mengisi survei, melihat produk, dan sebagainya. Kamu perlu melengkapi ini dengan desain yang menarik dan font yang enak dilihat. Tentunya, desain yang keren juga tidak akan berhasil tanpa copy yang menggugah.

Jangan lupa untuk menyesuaikan penampilan email agar nyaman dilihat dari ponsel. Ingat, membuka email dari ponsel mereka lebih sering dilakukan daripada di web ataupun layar komputer.

Jadilah Transparan

Ini tips yang terpenting tapi mungkin akan terlihat sepele. Saat kamu mengirimkan email yang personal serta menunjukkan bahwa kamu perhatian ke mereka, pasti ada saja yang parno kalau mereka pasti diawasi 24 jam.

Dalam kesempatan ini, kamu wajib meluruskan kesalahpahaman dengan menjelaskan caramu mendapatkan data mereka. Dengan ini, kamu bisa mengedukasi subscriber kamu dan menunjukkan rasa perhatian yang lebih bagi mereka.

Catat ini, buatlah email marketing yang interaktif namun dan nyaman diakses melalui smartphone. (Sumber: unsplash.com).


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan