Instagram Reels, Fitur Kekinian untuk Promosi Bisnis Anda !

instagram-reels
Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Instagram telah resmi mengenalkan fitur reels pada tanggal 5 Agustus 2020. Fitur ini merupakan cara baru untuk membuat, melihat dan menyebarkan video pendek yang menghibur. Aplikasi instagram memiliki 1 triliun pengguna aktif pada tahun 2021 yang menjadikan instagram sebagai aplikasi paling populer ke-4 di dunia setelah Facebook, Whatsapp dan Facebook Messenger. 

Pengguna instagram Indonesia cukup banyak, sehingga Indonesia menempati peringkat ke-4 negara dengan pengguna aktif instagram yakni 93 juta pengguna. Rata-rata pengguna instagram berada di umur 25-34 tahun sebanyak 31,2%, kemudian di susul dengan range umur 18-24 tahun dengan jumlah 29,9%. Hal tersebut menandakan instagram banyak digunakan oleh Millenials dan Gen Z. Kemudian, untuk meningkatkan pengalaman penggunanya, instagram meluncurkan fitur baru yakni reels. Reels memungkinkan pengguna untuk membuat beberapa video clip yang berdurasi 30 detik ke atas. Pengguna juga dapat menggunakan fitur text, AR filters, audio serta dapat mengunggah video dari galeri untuk mendapatkan hasil video yang optimal.

Cara membuat Instagram Reels

Nah, setelah mengenal apa itu instagram reels, kita bahas yuk bagaimana caranya menggunakan instagram reels dan membuat videonya!

Klik opsi reels yang terletak pada bagian bawah fitur kamera instagram. Kemudian, Anda akan melihat beberapa tools yang terletak di sisi kiri layar handphone. Instagram juga memungkinkan kita mengunggah video yang terdapat di galeri, jadi tidak perlu take secara langsung. Nah beberapa tools tersebut yaitu : 

  • Audio : fitur ini berguna untuk mencari musik yang terdapat di perpustakaan musik instagram. Namun, Anda juga dapat memasukkan voice over atau lagu anda sendiri. Nantinya ketika reels ada sudah diunggah, maka akan terdapat sumber audio. Berbeda jika Anda menggunakan musik dari instagram, maka akan tampil sumber audio sesuai dengan musisi tersebut. Jika Anda menggunakan musik dari instagram, maka orang lain juga dapat menggunakan musik atau lagu tersebut dengan memilih opsi โ€œGunakan Audioโ€
  • AR Effect : Pilih berbagai macam efek yang tersedia, lalu Anda juga dapat membuat beberapa klip dengan efek yang berbeda. 
  • Time and Countdown : Instagram juga memungkinkan kita untuk mengatur Timer, anda akan melihat angka 3-2-1 hingga kamera siap merekam.
  • Align : Sejajarkan objek dari klip Anda sebelumnya, lalu merekam klip berikutnya untuk membantu menciptakan transisi yang mulus. Misalnya untuk klip momen-momen seperti mengganti pakaian atau menambahkan teman baru ke dalam klip Anda.
  • Speed : Terdapat pilihan untuk mempercepat atau memperlambat video, fitur ini memudahkan anda menyesuaikan video dengan beat lagu.

Membagikan video reels

Setelah membuat video reels, yang perlu Anda lakukan adalah membagikannya. Cara membagikan video reels adalah dengan membagikan video reels lewat akun publik. Jika Anda mem-posting di akun publik, maka dapat dilihat dan ditemukan oleh orang lain dengan area yang lebih luas. Jika Anda menggunakan musik yang sedang tren atau hashtag, video Anda juga akan muncul pada halaman pencarian lagu dan hashtag. Sebaliknya, jika Anda mem-posting pada akun privat maka hanya pengikut Anda yang dapat melihat video reels Anda.

Instagram Reels untuk bisnis

Lalu, bagaimana cara melakukan promosi melalui instagram reels? Menurut Hootsuite terdapat 5 cara untuk mengoptimalkan instagram reels bagi bisnis. Yuk kita bahas!

1. Membagikan konten informatif

Membuat konten informatif adalah cara yang bagus untuk memulai di Reels. Misalnya seperti 5 tips membungkus kado, rahasia membuat pancake lezat dalam 10 menit, atau 5 tips menghias kue, dan masih ada banyak hal untuk dibagikan kepada pengikut Anda yang dapat membantu mereka mempelajari keterampilan baru. Tetapi ingat, tips atau konten yang anda buat harus relevan dengan bisnis Anda ya!

2. Pamerkan produk

Poin penting adalah pengguna dapat menemukan reels anda di halaman Jelajahi, artinya pengguna Instagram yang tidak mengikuti Anda dapat melihat konten Anda. Guna membantu algoritma memahami tentang konten Anda dan menyajikannya kepada audiens yang tepat, gunakan tagar, teks, dan caption deskriptif. Anda dapat memasarkan produk Anda sesuai dengan manfaatnya, selain itu Anda juga dapat bekerjasama dengan influencer untuk mereview produk Anda. Melalui reels tentang produk Anda, maka pengguna instagram lain akan tertarik dan ingin mencoba produk Anda.

3. Bagikan konten BTS (Behind The Scene)

Konten di balik layar membantu pengikut Instagram Anda memahami siapa Anda dan mengapa Anda menjual produk tersebut. Hal tersebut akan lebih sampai pada pengikut karena bersifat personal dan mendatangkan kepercayaan, serta mampu membangun hubungan baik dengan pelanggan.

4. Informasikan penjualan dan penawaran bisnis Anda

Tetap jaga keaslian video, dan jangan membuat konten Anda terlalu eksplisit menjual! Banyak merek yang telah sukses di TikTok karena mereka menunjukkan sisi kemanusiaan mereka dan menyerah untuk menjadi sempurna setiap saat, dan itulah yang ingin dilihat oleh pengguna TikTok. Anda bisa membuat reels mengenai penjualan produk, namun tetap siapkan alur cerita hingga ada akhir video terdapat konten selling

5. Menggunakan Instagram reels Ads

Mulai Juni 2021, pengiklan Instagram dapat memilih Reel sebagai penempatan iklan Instagram mereka. Penempatan mendukung 6 tujuan periklanan:

  • Kesadaran merek
  • Mencapai
  • Lalu lintas
  • Pemasangan aplikasi
  • Penayangan video
  • Konversi

Iklan reels menawarkan cara baru untuk menjangkau audiens yang ditargetkan ketika mereka membagikan Reels.

Setelah mengetahui apa itu instagram reels, bagaimana cara membuatnya dan cara mengoptimalkannya bagi bisnis. Apakah Anda tertarik untuk mencoba Instagram reels?


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan