Catat! Ini dia 5 Tools Penting untuk Content Writer

content writer
Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Konten sudah menjadi hal wajib di era digital. Konten adalah sebuah informasi yang tersedia melalui media dan produk elektronik yang dapat berupa tulisan, gambar, dan video. Nah, yang akan kita bahas adalah konten berbentuk tulisan atau artikel yang biasanya terdapat pada situs web sebuah brand. Situs web ternyata memiliki pengaruh besar bagi brand loh! Beberapa keuntungannya adalah, mampu menjangkau konsumen yang lebih luas, meningkatkan kredibilitas perusahaan, sebagai wadah testimoni dan portfolio perusahaan, dan mudah diakses. Nah, siapakah penulis artikel itu? Yup! Content writer atau penulis konten adalah orang yang merancang dan menulis artikel dalam sebuah situs web. Content writer atau penulis konten artikel tentu harus menguasai kemampuan menulis yang mumpuni.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai beberapa tools yang dapat membantu anda dalam membuat konten artikel, bagi Anda yang ingin menjadi content writer, jangan lupa catat 5 tools ini ya!

1. Hubspot Blog Topic Generator

Anda sering mengalami kebingungan saat menulis? Menulis tentang hal apalagi ya kali ini? No more worries, dengan menggunakan tools blog idea generator dari Hubspot Anda akan mendapat beberapa ide konten. 

Caranya sangat mudah, hanya dengan memasukkan kata kunci atau topik yang ingin Anda tulis, dan Hubspot akan memberikan 5 ide konten artikel dengan gratis! Anda bisa memasukkan hingga 5 kata kunci loh! Jika Anda ingin berlangganan premium, maka Anda akan mendapat 250 ide konten, wah banyak sekali ya!, bisa untuk ide konten dalam setahun! 

2. Headline Analyzer

Headline atau judul merupakan hal yang sangat penting dalam penulisan artikel. Sebab, headline adalah hal yang pertama audiens lihat sebelum membaca keseluruhan artikel Anda. Jadi, perlu headline yang menarik dan mampu meningkatkan traffic situs web Anda. Menggunakan CoSchedule Headline Analyzer, Anda dapat menganalisis apakah headline Anda menarik, apakah memenuhi keperluan SEO, dll. Anda hanya perlu mengakses situs web CoSchedule Headline Analyzer, mendaftar, dan mendapatkan hasil analisis headline Anda, sangat mudah bukan?

3. Grammarly

Sesuai dengan namanya, grammarly membantu Anda dalam hal editorial grammar. Ketika Anda memiliki topik dan headline yang baik tetapi isi tulisan Anda sulit dimengerti, maka audiens tidak akan membaca tulisan Anda hingga selesai dan berpindah ke situs web lain. Anda dapat mengedit dengan mengklik kata-kata yang digarisbawahi dan disorot, koreksi yang disarankan akan muncul di side bar dan mengkliknya akan secara otomatis membuat koreksi. Grammarly juga akan menjelaskan pada Anda mengenai kesalahan tersebut di bagian side bar

4. Ubersuggest

Ubersuggest merupakan tools yang super komplit, mereka menyediakan keyword research tools, seo analyzer, content idea, dan bahkan website traffic checker. Anda dapat mengoptimalkan SEO artikel Anda dengan mencari keyword yang tepat. Ubersuggest menyediakan hasil riset keyword dari berbagai negara dengan beberapa pertimbangan yaitu, traffic volume keyword, trends, dan keyword difficulty. Melalui pengoptimalan keyword, maka sangat memungkinkan artikel Anda muncul di halaman pertama SERP (Search Engine Result Page) sehingga akan ada lebih banyak orang yang tahu brand Anda dan bahkan mampu meningkatkan konversi. 

5. Duplichecker

Tools satu ini, berguna untuk melakukan cek terhadap plagiarisme tulisan Anda. Selain plagiarisme, duplichecker menyediakan berbagai tools lain mulai dari word counter, keyword research tools, SEO backlink, dan masih banyak lagi. Cara menggunakannya sangat mudah, Anda hanya perlu akses situs duplichecker dan ketik atau upload file yang akan Anda cek. 

Nah, itu dia beberapa tools yang dapat Anda coba saat menulis artikel agar artikel yang Anda tulis dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat meningkatkan kredibilitas brand Anda! Namun, jika Anda tidak memiliki sumber daya atau waktu untuk menulis artikel yang bagus dan dapat muncul di SERP, tenang saja! Coba klik disini dan dapatkan jawabannya!


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan