Waspadai Hal Berikut Sebelum Jualan di TikTok Shop

Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Kini, pebisnis online kerap menggunakan TikTok Shop untuk berjualan. (Sumber: https://unsplash.com/photos/I4p0FcjDBJI)
Kini, pebisnis online kerap menggunakan TikTok Shop untuk berjualan.

Jika kamu mau buka toko di TikTok Shop, ada baiknya untuk memperhatikan hal kecil ini. Meskipun terdengar sepele, ternyata ini merupakan larangan keras untuk para penjual. Berdasarkan panduan di TikTok Shop Seller University, kami merangkum beberapa hal yang perlu kamu waspadai sebagai berikut.

Informasi Penjualan di Luar TikTok Shop

Pengusaha di media sosial kerap menaruh call to action untuk mengunjungi website mereka. (Sumber: https://unsplash.com/photos/Px3iBXV-4TU).
Pengusaha di media sosial lainnya kerap menaruh call to action untuk mengunjungi website mereka.

Saat membuat konten tentang produk kita, tentunya kita pernah membuat call to action untuk melakukan pembelian melalui website atauWhatsApp. Namun, sayangnya TikTok Shop tidak mengijinkanmu untuk menambahkan informasi tersebut. Informasi yang dimaksud adalah link website, nomor telepon, media sosial lain, alamat email, ataupun kode QR.

Sisi baiknya, TikTok Shop sudah menyediakan fitur belanja layaknya marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Ini juga telah menyediakan cara pembayaran yang mudah dan efektif bagi pembelinya.

Tidak Dapat Mengubah Detail Produk

Buat deskripsi produk dengan matang dan hati-hati. (Sumber: https://unsplash.com/photos/gcsNOsPEXfs)
Buat deskripsi produk dengan matang dan hati-hati.

Sebab hal ini, kamu perlu lebih berhati-hati saat ingin membuat deskripsi produkmu. Saat menulis judul produk, buat judulnya singkat dan berisi informasi tentang produk yang kamu jual. Pastikan kamu tidak menambahkan hal yang tidak menyangkut tentang produk dan promosi pada judul produk.

Kamu juga perlu menyiapkan deskripsi produk agar tidak kurang dari 30 kata. Selain itu, siapkan pula gambar dan video berwarna produk kamu. Ingat, batas pengunggahan gambar adalah 9 foto dan 1 video kurang dari 5 MB.

Konten Membersihkan Komedo

Konten kecantikan kerap menunjukkan pembersihan komedo dan jerawat. (Sumber: https://pixabay.com/photos/acne-pores-skin-pimple-female-1606765/)
Konten kecantikan kerap menunjukkan pembersihan komedo dan jerawat.

Bagi penjual produk kecantikan seperti produk anti jerawat maupun pembersih komedo, menyajikan video seperti ini pasti hal yang biasa guna meyakinkan calon pembeli. Namun, kamu tidak dapat mengunggah ini di TikTok Shop karena termasuk konten yang membuat pengguna TikTok tidak nyaman.

Ada konten lagi yang tidak dapat kamu unggah di TikTok Shop, yaitu konten yang menampakkan kotoran manusia dan hewan. Jadi, untukmu yang mau menjual pasir untuk kucing, mulai pertimbangkan lagi ya konten yang akan diunggah. Lebih lengkapnya, beberapa jenis konten yang tidak dapat kamu unggah adalah konten mengandung adegan berdarah, kekerasan, perilaku berbahaya dan menyinggung, serta memicu rasa mual.

Bagaimana, apa ada hal di atas yang baru kamu ketahui? Jika kita baca sekilas, mungkin akan terlihat sepele. Tapi, hal sepele tersebut bisa saja loh memberikan pengalaman kurang menyenangkan bagimu ataupun calon pembelimu. Jadi, persiapkan dengan matang sebelum membuka tokomu di TikTok Shop ya!

Hei, jika kamu ingin melakukan menaikkan brand awareness produk, kamu dapat mencoba strategi pemasaran ala Faidil Jaidi yang kami bahas di blog kami.


Bagikan artikel ini bila bermanfaat!

Tinggalkan Balasan